Food Combining

PART I

 

Food Combining (FC) is not the name of another ‘make you slim’ diet nor the name of eating art method *laughing*

FC adalah pola makan yang mencari keseimbangan dalam tubuh. Orientasi FC adalah pencapaian PH darah yang netral antara acid-base (asam-basa)

Anggaplah PH darah bagai garis lurus yang memiliki 2 kutub. Asam (Acid) dan Basa (Base) di masing2 ujung kiri-kanannya 

PH darah yang ideal, ada di tengah-tengah, netral. Saat itulah semua fungsi tubuh kita berjalan dengan normal tanpa masalah 

Yang umum terjadi akibat dari pola makan kebanyakan org adalah : PH darah tergeser ke arah kutub Acid (lihat gambar)

Image

Disaat itulah beragam problem  mulai bermunculan dan semua berpotensi menyebabkan penyakit. Dari yang ringan hingga fatal 

Beragam bentuk kegagalan kerja organ, malfungsi sistem, sel yang berubah sifat menjad iradikal muncul saat darah di PH itu

Prinsip pola makan FC sangat sederhana, upaya untuk mengubah kondisi tadi dan menarik PH darah cenderung kutub acid ke basa

Dengan banyak konsumsi makanan pembentuk basa (buah-sayur) serta mengadopsi pola makan yang tidak memancing PH darah asam 

Meminimkan proses makanan, memperhatikan paduan unsur makanan, mengharmonikannya dengan karakter sistem cerna tubuh

Adalah upaya konkrit dalam menarik atau menjaga PH darah agar selalu berada pada posisi netral. Agar semua selalu normal

Saat semua normal, apapun problem tubuh mudah teratasi. Kesehatan terjaga baik karena daya tahan mampu bekerja maksimal 

Berat badan stabil ideal, karena tubuh yang sehat akan selalu konsisten memelihara level normal massa otot dan cadangan lemak

FC adalah salah satu pola makan yang memperhatikan asupan makanan tidak hanya dari nilai gizinya tapi ke hal yang lebih substansial

Yaitu bagaimana tubuh menyikapi dan mengabsorsi dengan baik kandungan gizi yang ada dalam satu unsur makanan

Bagaimana memadukannya dengan unsur lain? Kapan waktu yang tepat untuk memakannya? Adalah salah satu contoh seni dalam berpola makan FC

Itulah sebabnya pelaku FC mampu makan hingga kenyang namun tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman atau menyebabkan kegemukan

Mayoritas kegagalan diet adalah karena pelakunya merasa tersiksa, bosan dan kelaparan secara berkepanjangan

Dan kadang timbulkan penyakit atau kondisi kurang nyaman bagi tubuh. Bahkan membuat penyakit fatal dalam jangka panjang

Image

Belum lagi gangguan psikologis akibat rasa tidak nyaman karena lapar berkepanjangan plus keinginan makan ini-itu yang teredam

FC menisbikan kondisi tersebut. Pelakunya selalu mampu makan kenyang, puas namun segera diproses dengan baik oleh tubuh

Psikologis dan fisiologis prima setiap saat dan anatomis tubuh terjaga selalu, ideal, walau mungkin tidak sempurna, tapi sehat

PART II

Salah satu yang identik dengan pola makan FC adalah ciri khas untuk  sarapan dengan mengkonsumsi buah segar ketimbang makanan lain

Kenapa bisa demikian? Ada baiknya kita mengenal sistem tubuh kita sebelum mencari tahu alasannya kenapa? Agar jelas

Tubuh punya siklus biologis dalam melakukan metabolisme yang biasa disebut sebagai Ritme Sirkadian. Dibagi berdasar waktu 24 jam:

Mulai pukul 12.00 – 20.00, tubuh membuka kesempatan untuk kita bisa menyerap bahan makanan sesuai dengan kebutuhannya.

Pukul 20.00 – 04.00 tubuh memproses apa yang tadi dimakan, serta mempergunakannya sesuai dengan keperluan tubuh. Diperlukan energi yang besar di fase ini, itulah sebabnya Tuhan mendisain waktu ini sebagai siklus istirahat kita

04.00-12.00 adalah waktu dimana ‘sisa proses’, dibuang dari tubuh. Dalam bentuk kotoran, urine, keringat atau nafas. Di fase ini tubuh juga memerlukan energi yang sangat besar. Yang membuatnya agak sulit, tenaga tersebut harus terbagi dengan aktivitas pagi. Padahal energi untuk ‘mengeluarkan’ tersebut harus dikonsentrasikan agar kerja tubuh tidak terganggu serta kondisi jangka pendek/panjang.

Agar proses ‘pengeluaran’ ini bebas dari gangguan, sebaiknya dipilih makanan yang tidak memberatkan pencernaan

Itulah sebabnya FC mempergunakan buah sebagai sarapan pagi. Karena sifatnya yang ringan dan mudah cerna serta cukup lengkap unsurnya

Pilihan buah yang berserat, manis pohon dan berair, adalah contoh terbaik dari buah yang ideal dipergunakan untuk sarapan 

Sebagai negara tropis, Indonesia sangat ideal dalam menyediakan pasokan buah seperti demikian. Pilihlah buah lokal

Selain harganya yang lebih murah, apabila diproduksi dengan baik, buah lokal memiliki waktu panen yang jauh lebih dekat ke waktu santap

Sehingga kesegaran, nutrisi, enzyme-nya masih terjamin tersedia dengan baik bagi tubuh. Cuci bersih sebelum dikonsumsi

Konsumsi dengan dua cara, buah potong atau pergunakan juicer atau blender. Keduanya punya kelebihan masing-masing

Makan buah atau minumlah jus buah perlahan agar fructose (gula buah) tidak membuat lonjakan gula dalam tubuh secara mendadak

Buah punya sifat yang mudah mengenyangkan, namun karena ringan serta cepat urai ia juga mudah membuat lapar kembali

Itu sebabnya sarapan buah dilakukan secara repetitif antara pagi hingga jelang makan siang agar tidak terganggu rasa lapar

Sayur mentah segar bisa jadi pengganti buah bila tidak tersedia, diluar itu konsumsi 1 butir telur juga msh mampu ditoleransi

Namun tidak bagi nasi goreng, sereal dengan susu, roti dalam berbagai bentuk, susu dengan produk turunannya, apalagi sosis, bacon dsb

Bahkan segala macam bentuk bubur yang sering disalah kaprahkan sebagai makanan lunak yang ringan serta mudah untuk dicerna  

 

PART III

Berikut adalah fase lanjutan foodcombining yang bersifat agak detil, berupa padu-padan unsur makanan, sila simak baik-baik. No this, no FC!

FC sejatinya bagi makanan dalam beberapa unsur, namun untuk lebih menyederhanakannya mari kita jadikan 3 unsur populer saja

Karena unsur ini populer dan cukup mudah dimengerti oleh masyarakat awam. Antara lain: Protein, Pati dan Sayuran

Sebarnya sayuran sudah mewakili unsur pati dan protein sekaligus dalam jumlah yang lebih sederhana, tapi sesuai budaya makan

Indonesia lebih terkonsentrasi untuk mengkonsumsi pati (karbohidariat) dalam jumlah besar, ie: nasi. Mungkin agak sulit dimengerti

Bilamana ditempatkan sayur (dan juga buah) sebagai sumber karbohidrat! Hence we segregate! Pisahkan saja, gampang dimengerti

FC mengenal padu padan cocok atau tidak cocok untuk setiap unsur makanan. Berikut detil yang bisa disampaikan

– Protein (hewani) + Sayur 

Paduan SERASI! Pertemuan antara kandungan protein padat dan lemak hewani terimbangi sayur

Kombinasi antara protein – sayuran dalam jumlah tepat membuat PH netral darah tercapai. Idealnya sayur dimakan segar (mentah)

Beragam enzyme hidup dalam sayur segar akan masuk dan segera dimanfaatkan oleh tubuh, menetralisir beratnya protein hewani

 

Tapi -idealan ini sulit tercapai, apabila konsumsi protein 2-3 kali lipat lebih besar daripada konsumsi sayuran segar

Seperti yang umum kita temui dalam menu makan, dimana hidangan protein hewani ditemani sayur segar sebagai penghias (garnish)

– Protein hewani + Pati (daging + nasi)

Padu padan yang TIDAK IDEAL! Kendati sulit diterima, tapi beginilah sistem cerna tubuh bekerja

Bila dikonsumsi dalam jumlah dominan, contoh : sepiring nasi dan sepotong paha ayam goreng, membuat sistem cerna kerepotan

Enzyme cerna yang terpakai misalnya akan kesulitan memilah antara protein dan pati yang harus diproses karena sifat enzymenya

Pati memerlukan enzyme amilase sebagai pemecah agar bisa dicerna dan serap oleh tubuh. Banyak terdapat dalam air liur

Sementara protein memerlukan enzyme Pepsin sebagai pemecah unsur-unsurnya agar mudah tercerna oleh tubuh

 

Sayangnya kerja Amilase akan berhenti begitu tubuh mengaktifkan enzyme Pepsin. Itu sebabnya konsumsi pati-protein salah

Sementara pati biasa dimakan dalam jumlah besar. Akibatnya pola makan menjadi tidak efektif dalam menyumbang kebutuhan tubuh

Pati tak tercerna hanya menghasilkan tumpukan sampah-residu diluar kemampuan toleransi tubuh yang akhirnya merubah harmoni

PH darah yang menjadi asam, tumpukan kotoran di usus besar yang sulit dibuang tubuh adalah contoh masalah tertimbun perlahan

Dan lambat laun secara akumulatif akan menghadirkan masalah problem degeneratif (penurunan fungsi organ) yang jauh lebih parah

Dari sisi zat pengantar syaraf (zps) yang dipicu, juga bisa tercipta masalah baru. Protein pemicu zps. Norepinefrin -> rasa awas

Pati memicu produksi zps Serotonin -> rasa nyaman dan relaks. Dua jenis neurotransmitter yang berbeda sifat terpicu

Mengakibatkan rasa nyaman dan rasa awas tercampur ciptakan rasa tidak nyaman secara psikologis-fisiologis

– Pati + Sayuran (mis. nasi + sayur)

Padu padan SERASI, normal karena keduanya berbasis karbohidariat. Lebih mudah cerna dan diterima oleh tubuh

Tapi saat pati dikonsumsi jauh lebih banyak dari sayuran dapat tercipta lonjakan gula yang berefek tidak baik untuk tubuh

Atau apabila sayuran dikonsumsi dalam keadaan telah diproses panjang, masak, suhu tinggi hingga enzimnya mati, tidak serasi lagi

Demikian penjabaran singkat mengenai padu-padan unsur makanan yang populer dalam foodcombining agar mudah dimengerti kenapa demikian?

Saat padu padan telah terjadi, tubuh akan menerima dan mencerna semua dengan baik dan juga memprosesnya secara maksimal

Kita akan lebih mudah menjadi kenyang dan tetap terasa bugar. Daya tahan tubuh menguat serta fungsi semua organ menjadi prima

Itu sebabnya pola makan FC tidak mempermasalahkan berapa jumlah kalori, kandungan gizi atau indeks Glikemik dll secara detil

Karena fokus utamanya adalah fungsi tubuh dan harmonisasinya dengan unsur makanan yang masuk agar bisa maksimal saling bekerja sama

Yang pasti FC tidak akan membuat Anda kelaparan, kebingungan menghitung kalori, Indeks Glikemik, kandungan protein, lemak dll

Tubuh tidak akan didikte suai keinginan tp berorientasi pd kesehatan, mencari berat idealnya sendiri, turun atau naik

Perlahan menghilangkan problem kesehatan yang menghantui bertahun-tahun dan menisbikan pemakaian obat2an secara tidak wajar

Itulah sebabnya pola makan ini sangat ideal untuk diaplikasikan oleh siapapun, karena orientasinya adalah kesehatan hakiki

 

PART IV BUAH

Buah-buahan adalah satu-satunya penyumbang air, enzim dan nutrisi yang berbentuk basa (selain sayuran) bagi tubuh

Diasup secara rutin, dengan cara benar, buah dapat membuat kerja pencernaan menjadi sangat ringan sehingga menyehatkan

Karena buah telah memiliki enzim yang mampu mengurai molekulnya sendiri dalam sistem cerna, sekaligus sumbang enzim bagi tubuh

Buah memiliki kandungan serat dan enzim cerna yang mampu bantu tubuh hilangkan tumpukan makanan dari usus besar

Energi tubuh terhemat karena buah luar biasa mudah dicerna. Hingga bisa dimanfaatkan untuk membantu fungsi tubuh yang lain

Pemasok energi yang cepat, karena fructose (gula buah) mudah diserap tubuh, tanpa membuat beban berlebihan bagi pancreas

Sebaiknya buah dikonsumsi dalam keadaan matang pohon. Enzim cernanya telah lengkap, hingga tidak harus dicerna oleh lambung

Buah matang pohon memiliki kandungan gula buah yang sederhana. Buah mengkal tidak, menyulitkan system cerna

Tapi buah menjadi sulit cerna saat dikonsumsi bersamaan dengan makanan padat lainnya. Fructose cenderung merusak mereka

Selain itu kandungan asam karbonat/vit. C pada buah mengganggu kerja enzim cerna amilase (karbo) dan pepsin (protein)

Makanlah buah dalam keadaan perut kosong agar maksimal gunanya. Makan buah pasca makan berat sangat ganggu kesehatan

Buah dikonsumsi setelah makan akan mengubah buah menjadi racun tak berguna untuk tubuh plus merusak apa yang telah dimakan

Konsumsi buah dalam keadaan perut kosong tidak menimbulkan masalah bagi asam lambung, karena sifat buah adalah pembentuk basa

Kecuali bila alam bawah sadar telah ada ketakutan tinggi terhadap buah, bisa picu sakit perut atau biasa disebut psychosomatic

Buah ideal dimakan saat sarapan, karena sesuai dengan siklus ritme sirkadian, dimana pagi hari energi cerna harus dihemat

Makan buah di pagi hari membantu fase pembuangan ritme sirkadian. Membersihkan tumpukan kotoran pada usus besar

Usus besar yang bersih dan sehat, factor penting bagi kehidupan yang sejahtera untuk jangka panjang (juga berat badan ideal)

Makan buah di pagi hari harus dengan perlahan agar ia tersentuh dengan air liur sehingga tercerna sempurna

Sifatnya yang mudah cerna juga membuat buah mudah membuat kenyang namun lapar lagi dalam waktu dekat

Karena itu makan buah secara akumulatif di pagi hari. Jangan makan buah sekali saja, bekali diri dengan buah bila beraktivitas

Makanlah setiap terasa lapar. 1 butir apel atau pir, mampu mengusir rasa lapar. Hingga tiba waktu menjelang makan siang

Variasikan menu agar mendapat manfaat maksimal, buah manis karena matang pohon, berserat serta berair adalah kriteria terbaik

Hindari buah beralkohol seperti durian, nangka dan cempedak karena tidak sesuai dengan kriteria buah baik santap di pagi hari

Pisang dan mangga,ebaiknya tidak dimakan sebagai buah yang pertama dimakan pagi hari. Setelah itu tidak terlalu masalah

Menjus buahnya sendiri, agar lebih praktis, juga tetap memiliki kebaikan, sebaiknya hindari jus buah kemasan. Buat yang segar

 

PART V SAYURAN

Helo Tweeps, siang ini kibulan terlanjut pd konsentrasi mengapa sayuran segar adalah makanan ideal untuk manusia?

Sayuran sangat kaya gizi dan bernilai penting bagi kesehatan. Sayuran miliki sifat pembentuk PH darah manusia menjadi basa

PH darah basa bisa menjadi penetral dari gaya hidup harian manusia yang cenderung membuat PH darahnya Acid (asam)

Sementara kita tahu bhw PH darah netral adalah kondisi puncak kesehatan manusia, dan PH darah Acid berlaku kebalikannya

Sayuran kaya akan pati utuh, serat, vitamin serta mineral. Yang tergolong serasi dengan kebutuhan tubuh dan instan terpakai

Sayuran jg kaya dengan zat spesifik yang dekat dengan kebutuhan tubuh. Seperti warna hijau gelap atau merah, kuning terang dan jingga

Adalah sayuran yang kaya dengan Betakaroten, pembentuk vitamin A dalam tubuh, identik dengan perawatan berkala organ tubuh

Zat klorofil pd sayuran hijau memiliki fungsi spt hemoglobin dalam darah manusia. Mengkonsumsinya identik peremajaan tubuh

Klorofil juga kaya akan magnesium, mineral multi guna bagi tubuh. Secara general sayuran hijau kaya akan kandungan magnesium

Fungsi magnesium yang paling signifikan namun acap terlupa adalah pendamping primer kalsium bagi pembentukan tulang tubuh

Tanpa magnesium, kalsium yang masuk ke tubuh hampir tidak berguna, hanya memenuhi darah manusia, membuat PH-nya menjadi asam

Itulah alasan utama mengapa kandungan melimpah kalsium pada susu hewan tidak tepat guna bagi manusia dibanding sayuran

Karena susu memiliki kandungan magnesium yang sangat rendah serta mudah untuk rusak saat diproses menjadi kemasan siap pakai

Sementara sayuran tergolong lengkap asupan magnesium-kalsiumnya, juga lebih mudah serta murah untuk dikonsumsi

Klorofil juga mampu membantu penyembuhan luka pada selaput lendir usus serta pembantu proses detoksifikasi organ vital tubuh

Sayangnya kandungan penting sayur sangat mudah rusak bila diproses. Dipotong dan (apalagi) dipanaskan. Menjadi hilang gunanya

Sayur yang melalui proses olah panjang (terutama panas) berubah menjadi makanan tak berenzim saat masuk ke dalam tubuh

Tubuh segera mengatisipasinya sebagai ‘substansi asing’ yang harus dilawan dan dibuang. Akhirnya sayur kehilangan fungsi

Info tambahan tentang sayur, walau sama berkarakter dengan buah, sebagai pembentuk basa. Mereka berdua memiliki karakter sangat berbeda

Karakter serat pada sayur lebih keras ketimbang buah. Serta kandungan gula yang lebih tinggi pada buah cenderung merusak sayur

Itulah sebabnya buah dan sayur cenderung sulit untuk dikonsumsi bersamaan. Beberapa orang cukup sensitif untuk langsung terganggu

Konsumsil sayuran dalam bentuk terbaiknya, segar! Pilih produk terbaik, organic bila mungkin, cuci bersih, segera konsumsi

 

PART VI PROTEIN HEWANI

Banyak yang mengira protein hewani adalah unsur terpenting dalam bahan pangan terkait  kelangsungan hidup manusia

Alasan ini bisa disebabkan oleh banyak sebab, dari mulai gengsi, rasa,  sensasi efek rasa kenyang pasca menyantapnya

Juga pemahaman mendasar bahwa protein hewani adalah sumber pembangun blok sel-sel tubuh terbaik. Hence identical with human growth

Padahal (terlepas dari masalah rasa bagi lidah) protein hewani tidak serta merta lebih baik dari protein nabati atau unsur makanan lain

Protein hewani hadir dengan banyak kelemahan mencolok yang sangat menyulitkan bagi  kerja sistem pencernaan manusia

Kelemahan mencolok utama adalah minimnya pasokan enzyme dalam bentuk apapun bagi kehidupan manusia yang menyantapnya

Karena mayoritas protein hewani harus dimasak matang demi menghindari beragam bakteri atau wujud renik negatif lain yang terbawa

Sementara panas tinggi mematikan segala macam bentuk enzyme yang hidup. Bahan pangan minim enzyme biasanya buruk bagi tubuh

Protein hewani juga butuh proses panjang dan lama untuk diurai di sistem cerna manusia, bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak

Proses lama tersebut tidak identik dengan rasa mengenyangkan yang lama dan panjang seperti disangkakan oleh banyak orang

Justru menyita energi kehidupan dalam jumlah besar harus dikonsetrasikan bagi sistem cerna, tersita dari alokasi lain pada tubuh

Akibatnya muncul rasa lelah, kantuk, lesu, malas sebagai upaya penghematan energi oleh tubuh. Agar protein tercerna baik 

Melakukan aktifitas yang rumit dan menyita energi jelas akan membuat proses cerna protein hewani terganggu kesempurnaannya

Akibatnya ia bisa tersisa tidak dalam hitungan jam untuk cerna tapi dalam hitungan hari. Akhirnya berubah sebagai sampah tak berguna

Protein hewani dalam jumlah besar juga mengganggu pencernaan unsur lain seperti karbohidrat, karena beda kerja enzyme cernanya

Enzim Amilase untuk cerna karbohidariat langsung berhenti begitu enzym pepsin untuk proses protein muncul. Karbo berhenti diproses

Itulah sebab pasca konsumsi steak besar dan kentang goreng, acap timbulkan rasa kembung tidak nyaman, kantuk berlebihan

Protein hewani yang dikonsumsi dalam jumlah berlebih juga pancing rasa agresivitas negatif. Karena zat pengantar syaraf yang terpicu

Norepinefrin/Noreadarienaline adalah neurotransmitter yang bertanggung jawab terhadap rasa awas, sigap, agresif bagi manusia

Tapi produksi berlebihan akibat konsumsi protein hewani dalam jumlah banyak, membuat zat itu beri efek samping bagi manusia

Rasa gelisah yang tidak nyaman berkepanjangan, stress tanpa akhir walau tak bersebab, adalah contoh konkrit dari imbas negative

Konsumsi protein berlebih yang picu norepinefrin. Contoh lain? Lihat saja hewan karnifora yang identik dengan lambang kekuatan

Seperti singa atau harimau. Walau sekilas kuat dan perkasa karena konsumsi protein hewani. Tapi sebenarnya mereka rentan pasokan energi

2/3 dari hidup harian mereka dipakai untuk tidur, bukti betapa sistem cerna mereka harus bekerja keras untuk proses protein hewani

Sementara hewan yang kuat dan besar secara fisik serta hidup normal juga aktif, malah didominasi oleh pemakan tumbuhan

So masih mendewakan protein hewani sebagai unsur utama-terpenting dalam asupan makanan kita? Makanlah  protein hewani seperlunya

Dirangkum dari kibulan @erikarlebang

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s