Jangan Pernah Tinggalkan Makan Malam

PART I

Ayo makan malam! Jangan melakukan hal bodoh berusaha menguruskan diri dengan melewatkan jam makan malam. Nanti saya twit jelaskan kenapa?

Buat yang mengira bahwa menghindari makan malam mampu membuat tubuh langsing mengurus instan, sila cek ulang perkiraan Anda.

Tuhan ciptakan rasa lapar bagi manusia saat matahari terbenam hingga jelang waktu tidur, tentu ada maksud jelas latarbelakangi

Saat kita tidur, terjadi restrukturisasi, revitalisasi bagian tubuh secara besar-besaran, dibutuhkan energi amat sangat besar

Saking besarnya Tuhan menciptakan mekanisme tidur, agar energi tubuh bisa terhemat dan dialokasikan kepada proses yang terjadi

Bisa dibayangkan melaparkan diri menjelang tidur membuat tubuh kehilangan pasokan energi yang amat dibutuhkan untuk bekerja

Kekurangan energi itu akan mengganggu kesehatan tubuh bila berlangsung secara akumulatif. Fatalkah akibatnya? Tentu saja!

Pernah dengar mereka yang terkena penyakit degeneratif atau penyakit berat ditengarai akibat diet berkepanjangan? Ini dia!

Bahkan seorang teman ahli medis, meceritakan beberapa pasien kankernya punya riwayat yang sama, lakukan diet ‘melaparkan diri’

Terlalu dini katakan bahwa kanker disebabkan oleh diet ‘melaparkan diri’. Tapi tidak bijak juga tutup mata pd fenomena ini

Tubuh yang kelaparan secara konstan, menahun, sangat memungkinkan memiliki kehidupan sel yang amat tidak sehat, tumbuh radikal

Berbeda dengan konsep puasa/ detoks yang memiliki target jelas saat dilakukan, justru stimulasi kehidupan sel di sisi positif

Melaparkan diri di malam hari bertahun-tahun tanpa akhir, hadirkan masalah bagai menyetel bom waktu dan menunggunya meledak

Seringkali mereka yang laparkan diri hindari makan malam, terbangun malam hari dan kelaparan. Atau alami insomnia juga kelaparan

Bahkan mereka yang berusaha mengganti makan malam dengan substansi sehat tapi tidak tepat waktu, seperti buah, alami hal sama!

Buah sehat, tapi terlalu cepat kenyangkan dan sangat cepat terurai, tidak cukup sumbang energi sesuai kebutuhan revitalisasi

Penuhi kebutuhan tubuh, dengan menyantap makan malam secara benar dalam kriteria: porsi, konten, padu padan dan waktunya

Waktu yang tepat? Sebaiknya tidak lebih dari pukul 20.00. Lebih dr itu, mungkin cukup kudapan ringan, agar tidur tak terganggu

Demikian penjelasan singkat mengapa melaparkan diri dengan sengaja menghindari makan malam demi langsing instan berbahaya

PART II

Jangan pernah tinggalkan makan malam! Sekali lagi, karena masalah takut gemuk, biarkan tubuh pergi tidur dgn perut keroncongan

Sudah pernah saya ceritakan betapa berbahayanya biarkan tubuh bermetabolisme besar-besaran tanpa bahan bakar cukup saat tidur

Berikut saya berikan beberapa cara untuk mengkonsumsi makan malam dengan aman, cukup energi tapi tidak menggemukkan

Makanlah 2-3 jam sebelum batas waktu sistem cerna beristirahat beri waktu bagi siklus asimilasi bekerja jelang dan saat tidur

Waktu itu sekitar pk. 20-21.00. Berhentilah makan besar sebelum waktu itu. Tapi pastikan Anda makan dengan porsi yang cukup

Hindari makan buah-buahan untuk makan malam. Ini kesalahan yg biasa dilakukan mereka karena kejar target diet menguruskan diri

Buah mudah membuat kenyang, krn efek serat dan airnya. Tapi juga mudah terurai & dicerna, akibatnya Anda mudah kelaparan lagi

Dan terbangun malam hari akibat kelaparan lalu terpaksa makan di waktu yg sangat tidak ideal utk beri beban pada sistem cerna

Utamakan sayuran segar dalam menu makan malam Anda. Terserah menu protein atau menu karbohidrat yg jadi pilihan, sayur utama!

Makanlah dengan porsi dua kali lipat porsi karbohidrat atau protein pilihan Anda. Sayur beri kecukupan tubuh di banyak hal

Minum air putih dalam jumlah cukup. 1 gelas besar kira-kira satu jam sebelum makan dan kemudian 1-2 jam sebelum pergi tidur

Batasi konsumsi menu makanan prosesan atau protein hewani yg disiapkan dgn suhu tinggi dlm bentuk apapun, 1-2 kali perminggu

Dan sekalipun Anda terbangun malam hari dan merasa lapar, cobalah minum 1 gelas air putih perlahan-lahan, acap tubuh tertipu

Aphestat pemberi signal lapar bagi tubuh, di sisi lain juga beri signal dehidrasi. Adakala kita salah kenali signal yg diberi

Hidup sehat, penuhi kebutuhan tubuh dengan benar! Jangan paksakan tubuh utk menjadi sesuatu yg dimau tapi dgn cara seenaknya

PART III

Kesalahan pertama yang dilakukan mereka yang mengkonsumsi buah di malam hari sebenarnya berbasis pada hal benar, sebuah ironi

Hampir semua orang paham bahwa buah adalah sumber nutrisi yang sangat efektif! Enzim melimpah, vitamin dan mineral ada di sana

Semua pun umumnya sadar bahwa buah punya waktu cerna yang sangat cepat. Kalori relatif rendah walau penyantapnya mudah kenyang

Disinilah berangkat pemahaman sepihak yang bias, bahwa buah adalah makanan ideal pengganti makan malam agar tubuh mudah langsing

Karena sifatnya yang ringan dan hampir secara pukul rata menyumbang kalori yang tidak terlalu besar. Makan buah tidak menggemukkan

Konsep yang tidak salah itu menjadi salah berdasarkan tinjauan dari sisi kebutuhan tubuh. Sistem cerna mengurai buah amat cepat

Akibatnya? Pasca makan buah, walau cepat mengenyangkan, tubuh menjadi lebih cepat lapar lagi. Disini pangkal masalah timbul

Karena rasa lapar menyerang saat tubuh sebenarnya sedang mempersiapkan diri memasuki masa tidur. Saatnya revitalisasi organ

Di momen yang puncaknya terjadi sekitar pukul 22.00-04.00, makanan seperti apapun bentuknya tidak ideal untuk masuk ke tubuh!

Makan sebutir apel, seiris nanas, separuh jeruk, mampu sumbang sekitar seratusan kalori, rendah dan beri rasa kenyang. Ideal!

Tapi setelah beberapa saat, rasa kenyang terganti oleh lapar di momen yang tidak tepat. Jelang tidur atau saat terbangun malam

Itulah sebabnya pelaku diet asal langsing yang mempersenjatai buah untuk ganti makan malam biasanya hanya berlangsung sementara

Sukses di awal, gagal melanjutkan. Atau tidak pernah sukses sama sekali! Dan membuat frustasi karena rasa lapar berkepanjangan

Jadi apa solusinya? Pahami sistem kerja tubuh. Makan malam itu bukan kutukan, tapi memang sesi yang sangat diperlukan.

Pertama, harus tahu berat ideal itu berawal dari tubuh yang sehat. Tanpa tubuh sehat, berat ideal tidak ‘ideal’ walau dipaksakan

Kedua, untuk capai berat ideal, mau tidak mau tubuh Anda harus aktif secara fisik! Dengan kata lain, luangkan waktu olahraga.

Ketiga, pahami sistem pola makan yang sehat. Bukan pola makan yang mendikte tubuh harus menerima apa yang kita beri sebagai asupan

Tapi kita yang harus tahu makanan apa yang diperlukan tubuh supaya ia bisa memenuhi tugasnya dengan baik. Sehat dan berberat ideal

Adalah hasil dari upaya kita dalam berdisiplin memberi pasokan makanan yang berunsur ideal sesuai dengan kebutuhan tubuh

Balik ke pola makan? Makanlah dengan benar. Waktu ideal adalah antara pukul 18.00-20.00. Rujuklah pd pola makan sehat yang ada

Bisa berbasis raw food diet yang mengandalkan pasokan enzyme dan unsur maksimal dari beragam buah-buahan dan sayur-sayuran

Atau foodcombining yang bertujuan memberi paduan unsur makanan ideal agar sesuai dengan sistem kerja serta kebutuhan tubuh

Kalaupun Anda keukeuh ingin mengkonsumsi buah di malam hari *menghela napas prihatin* berlakulah cerdas! Pahami secara benar

Makanlah buah dengan berkala, dari mulai pukul 17.00-20.00. Jangan sekedar mengikuti rasa lapar, tapi beri porsi yang jelas!

Dan kalaupun di malam hari Anda mendadak terserang rasa lapar. Jangan terburu makan, coba minum segelas air dahulu perlahan

Ribet?! Ya sudah! Lupakan diet makan malam dengan hanya buah! Hormati kebutuhan tubuh Anda. Be wise dan bervisi jauh ke depan.

PART IV

Sebenarnya kalau orang terobsesi langsing. Instead of makan buah di malam hari yang mudah sekali membuat lapar waktu tidur

Cobalah mengkonsumsi sayur-sayuran segar. Karakter sayuran lebih mampu membuat sistem cerna bekerja lebih lama dalam memproses

Karena alasan itu sayuran memberi rasa kenyang dalam bentuk yang lebih lama dan tidak mengganggu siklus metabolisme saat tidur

Sayuran juga beri pasokan unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan yang pasti sangat sesuai dengan sistem alamiah manusia

Bandingkan ke produk diet pabrikan pengganti makanan natural buatan Tuhan? Anda bisa jadi melangsing karenanya, tapi sehat?

Apalagi bila hidangan sayuran malam Anda didominasi oleh sayuran segar mentah sarat kandungan enzyme melimpah! Wow, dahsyat!

So, saat Anda terobsesi melangsing namun masih memprioritaskan kesehatan. Jadikan sayuran segar sebagai santap malam Anda!

PART V

Dalam siklus sistem cerna berlaku fase 8 jam-an biasa dikenal sebagai bagian dari ritme sirkadian. Ini siklus alami tubuh.

12.00-20.00 fase pemasukan, 20.00-04.00 fase penyerapan, 04.00-12.00 untuk fase pembuangan. Itu siklus alami tubuh.

Bukan berarti diluar jam tersebut tidak berlaku fungsi tadi. Tetap berlaku, hanya saja konsentrasi tidak sebaik di fase khusus.

Pemasukan adalah fase dimana tubuh menyiapkan sistem cernanya untuk menerima makanan. Makan siang dan malam ada di fase ini.

Masa penyerapan, adalah fase dimana apa yang kita makan dijadikan bahan bakar serta bahan baku perawatan tubuh. Kerjanya rumit.

Itu sebabnya kita diperintahkan secara alamiah untuk tidur di waktu ini. Agar energi terhemat, metabolisme berlangsung lancer.

Memotong satu waktu makan, makan malam umumnya, jauh dari makna kesehatan, itu langkah putus asa melangsingkan tubuh.

Tubuh yang sedianya sengaja menghemat energi dengan buat fase tidur, akan kekurangan juga energi akibat waktu makan dikurangi.

Bahan baku untuk metabolisme pun terdefisit dengan upaya membuang satu waktu makan alamiah. Itu benar upaya jauh dari sehat.

Anda boleh jadi melangsing, tapi secara struktural tubuh rusak perlahan. Kondisi lapar memang bantu proses daur ulang sel.

Tapi lapar secara konstan, regenerasi sel malah menjadi abnormal, cenderung mengkanibal sel sehat. Bisa ubah sifat keseluruhan.

Selain tidak sehat, kecenderungan orang menghindari makan malam malah tidak langsing pun sangat umum terjadi.

Tengah malam terbangun kelaparan, dan cenderung gelap mata mengkonsumsi apapun, utamanya yang terasa radikal manis atau asin.

Nah demikian, keburukan makan malam yang dihindari, prinsipnya proses alamiah bukan untuk dihindari dengan alasan apapun, kalau mau sehat.

by Erikar Lebang | Twitter: @erikarlebang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s