Pola Makan Yg Baik (Buat Pemula FC)

Erykar @erikarlebang

PART I

Ternyata cara makan aja masih diributin ya? Baiklah… Mari kita sharing cara makan yg baik dan ‘benar’ -utk ukuran kebutuhan tubuh kita

Kenali dulu waktu makan dan cocokkan dgn ritme biologis Anda. Saat pagi hari, jelas bukan wkt yg tepat utk makan berat

Untuk ritme biologis, sila cek di web yg ada di Bio saya. Makan yg tdk sesuai dgn ritme tersebut, bisa ganggu fungsi tubuh

Untuk makan siang dan malam. Tentukan menu dominan apa yg akan Anda makan? Menu pati atau protein? Jangan dominan keduanya

Siapkan sayuran mentah segar bersih. Pilih yg umum dilalap saja. Dalam jumlah banyak! Sejatinya itu, menu utama Anda

Karena bisa jadi dari menu yg Anda pilih, tubuh sebenarnya hanya serap unsur penting sayuran segar, terkait kualitasnya.

Buah? Kecuali Anda bisa sisihkan 15-30 menit di awal dari jarak makan utama, lupakan! Cuci mulutnya? Pake air, bukan buah.

Makan perlahan-lahan, kunyah dengan pelan. Usahakan di atas 20 kali kunyahan pertelan. Bukan karena masalah keras-lunak

Tapi lebih ke sisi Anda biarkan air liur tercampur dgn makanan. Agar enzym amilase juga ptalin mampu beraksi mencerna

Dan mulut satu-satunya alat cerna yg dilengkapi dgn pelumat berupa gigi, alat cerna lanjutan tdk miliki tools serupa lagi

Kunyah dan telan perlahan juga beri tubuh kesempatan kirim signal ke apestat pengatur rasa lapar di otak dengan baik

Sehingga kita terhindar dari keterlambatan merasa kenyang saat perut telah terisi oleh makanan di luar kebutuhan

Hindari mengkonsumsi makanan dengan budaya, kunyah cepat, telan segera, siram dgn air minum saat nyangkut di kerongkongan

Disamping sulitkan tubuh mengenali rasa kenyang, airnya yg terlalu banyak masuk akan ganggu fungsi lambung dlm mencerna

Teknik sama bila Anda mengkonsumsi makanan terlalu pedas, dan mencoba meredakannya dengan berkali-kali minum air

Idealnya beri jarak antara 60 menit di awal serta akhir masa makan, untuk minum serius dlm jumlah yang signifikan

Saat selesai makan, jgn langsung terburu pergi atau melakukan gerakan yang menyita energi dengan terburu-buru. Tenang

Beri tubuh waktu utk menyesuaikan diri antara moda waktu makan dan pasca makan. Syukuri apa yang baru masuk dlm tubuh Anda

Demikian tata cara aturan makan. Supaya tubuh mendapatkan apa yg bisa didapatkan dari makanan dengan baik sesuai kebutuhan

PART II

“Mau makan aja, kebanyakan aturan!” Statement yg acap keluar saat makan sehat diperkenalkan. Sulitkah? Bisa ya bisa tidak.

Namanya hidup, kalau mau sesuatu baik, ya harus melalui tata cara. Bila tidak? Pasti ada masalah yang timbul .

Berikut beberapa tata cara makan sederhana yang layak diikuti, bila Anda ingin apa yang disantap membuat hidup menjadi .

1. Minum Air Hangat Berperasan Lemon pagi hari persis sesudah bangun tidur. Semalaman liver bekerja keras saat Anda tidur. Perasan lemon beri ‘hadiah’ penguat . Walau bukan bagian tata cara makan, tapi liver yang sehat adalah salah satu katalisator utama, kesehatan sistem cerna.

2. Jangan Minum Saat Makan. Air yang masuk dalam jumlah banyak saat makan, mengganggu kerja enzym cerna dan sistem kerjanya. Minum air putih 30 menit sebelum makan. Saat makan jangan lebih banyak dari 1 gelas air. Anggap minum sebagai ‘pelumas’ belaka.

3. Kunyahlah perlahan, antara 25-40 kunyahan. Biarkan enzyme cerna yang ada dalam air liur bekerja tercampur dengan makanan. Juga biarkan gigi, satu-satunya pelumat makanan sempurna dalam sistem cerna lakukan tugasnya. Setelah gigi? Tidak ada lagi!

4. Makanlah saat Anda tenang. Saat Anda gelisah dan emosi, reaksi kimia yang ditimbulkan dalam tubuh hambat pencernaan.

5. Suhu Yang Tepat. Makanan terlalu panas atau terlalu dingin, bisa merusak organ cerna, pengaruhi kerja sistem limfatik dll.

6. Penuhi piring Anda dengan unsur yang penuh dengan enzym siap pakai. Seperti sayur segar. Minimkan makanan proses.

7. Variasikan Makanan. Jangan makan menu yang itu-itu saja setiap hari. Rotasikan agar tidak terjadi penumpukan unsur pd tubuh.

8. Jauhi Unsur Pengganggu. Saat makan, jangan konsumsi teh, kopi atau susu apalagi alkohol yang mengganggu sistem cerna Anda.

9. Sayur Segar. Jangan pernah masuk ke makan besar (lunch-diner) tanpa porsi signifikan sayuran mentah. Jadikan menu utama!

10. Waktu Makan Malam. Jangan konsumsi menu makan malam lebih dari 20.00-21.00. Makan terlalu dekat waktu tidur amat merugikan. Anda sulit tidur, metabolisme terbaik yang terjadi saat tidur pun terganggu. Apa yang Anda makan pun sulit tercerna baik.

by Erikar Lebang | Twitter: @erikarlebang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s