SAYURAN

Siang ini twit akan memberi info seputar pemanfaatan sayuran segar dalam memenuhi kebutuhan kesehatan manusia. Moga berguna

Yang paling menguntungkan dari sayuran adalah sifat netral dalam menentukan asam-basa PH darah. Sebabkan ia bebas dipadupadan

Tidak saja bersifat netral, ia juga dapat menjadi pencampur yang baik dalam hidangan pati maupun protein. Asal porsinya banyak!

Pencampur baik, bisa jadi dalam bentuk penambah nutrisi, mineral, enzym bagi apa yang kita makan agar. memaksimalkan kesehatan

Namun acapkali sayuran terutama yang disantap segar menjadi ‘penyelamat’ satu-satunya, penetral toxic maupun penyumbang nutrisi

Semisal satu kerat steak yang dibakar, walau lezat, penuh kandungan berbahaya bagi tubuh. Manfaat dan masalahnya tak seimbang

Mulai dari sifat karsinogen pemicu kanker, beban bagi sistem cerna, potensi penyumbat saluran kardiovaskular dan lain sejenis 

Semangkuk besar sayuran segar yang disantap bersamaan dengan steak tadi bisa jadi penyelamat untuk keselamatan tubuh kita

Enzyme-nutrisi sayuran secara general mampu merusak efek karsinogen menjadi malfungsi dalam mengubah sifat sistem selular

Nutrisi sayuran segar memperkuat dinding pembuluh darah dan mengeliminir alasan tubuh beri penebalan kolesterol disana

Namun semua sulit terjadi, bila porsi sayuran minim. Semisal 2-3 lembar daun selada, potongan kecil tomat, irisan irit kubis

Jumlahnya harus signifikan dan ragam pun sebisa mungkin ada 3-4 jenis sayuran, untuk bisa redam efek rusak dari makanan lain

Riset secara umum telah temukan org yang mengkonsumsi lebih dari 3-5 jenis sayuran segar perhari, profil kesehatannya sangat baik

Sayuran segar umumnya kandung nutrisi hebat! Tapi warna alami kuning, oranye dan hijau adalah sayuran dengan vitamin terbanyak

Cuci bersih sayuran untuk menghilangkan masalah higienitas yang muncul saat panen. Tapi jangan direndam lebih lama dari 5 menit

Membeli sayuran organik atau menanam sendiri jelas adalah upaya terbaik. Bila tak ada, bisa dicuci bersih atau kupas kulitnya 

Sayuran sebenarnya tetap ‘aktif’, walau mereka telah dipetik/panen. Sebisa mungkin santap tidak lebih dr 3-5 hari pasca beli

Karena oksigen, karbon dioksida dan subisatansi perusak lain dalam udara masih bisa diserap oleh sayuran. Batasi pembelian

Sebisa mungkin jauhkan pisang dari tempat penyimpanan sayuran. Pisang melepaskan etilena, subisatansi yang ‘mematangkan’ sayuran

Bila mungkin miliki dehidrator, semacam alat pengemas bebas udara, untuk menyimpan sayuran dlm jangka lama agar tetap segar

Bila tidak, beli semacam kantung penyimpan yang meminimalisir udara, yang kini telah banyak dijual dan ditemui di pasaran 

Enzyme adalah kontributor paling berharga dalam sayuran. Sayangnya ia rentan panas. Makan sayur segar adalah yang terbaik

Untuk itu usahakanlah sedia 2-3 porsi sayuran segar dalam tiap waktu santap untuk mendapatkan pasokan maksimal enzyme ke tubuh

Sayuran apa saja yang bisa dimakan mentah? Gak perlu repot, cukup contoh menu lalap nenek moyang kita, umumnya sudah ideal

Dan karena sayuran memiliki sifat dasar berbentuk karbohidrat, usahakan kunyah perlahan agar tercampur enzym amilase dlm liur

Bila tergesa, amilase tidak sempurna memecah sayuran, dan terkadang bisa beri efek rasa tidak nyaman dalam sistem cerna

Sayuran juga suplai serat dalam jumlah melimpah. Konsumsi cukup beri rasa kenyang yang nyaman, redam efek makan kebanyakan

by Erikar Lebang | Twitter: @erikarlebang

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s