Sakit Maag? Obat Lambung, Membantukah?

Erykar @erikarlebang

http://storify.com/honeyniena/obat-lambung-membantukah

Baiklah, mumpung lagi bengong. Kultwit dikit tentang obat lambung deh. Dulu kayaknya pernah, tapi gak kesimpen. Mudah-mudahan sekarang ada

Asam lambung itu seharusnya tidak dianggap sebagai musuh. Seperti yang selama ini hinggap di pikiran sebagian orang.

Dalam sistem cerna asam lambung peranannya sangat vital, ada sekitar 200-400 milyar unsur asing menginvasi makanan tiap hari.

Pertahanan tubuh harus mengelimir invasi itu, umumnya bakteri, seawal mungkin agar tidak sampai merugikan kesehatan kita.

Nah, asam lambung adalah filter pembunuh bakteri paling efektif dalam seluruh struktur pelindung sistem cerna kita.

Sekedar pembanding, untuk wanita, logika pertahanan mirip asam lambung terdapat dalam vagina, konsepnya bekerja serupa.

Kenapa asam lambung menjadi tidak terkotrol? Sederhana, pola hidup yang tidak normal pemicunya. Mulai pola makan hingga stress.

Sayangnya stress lebih sering dialamatkan sebagai pemicu asam lambung. Pola makan tidak! Padahal itu yang jadi pemicu utama.

Kalaupun pola makan, lebih sering dialamatkan pada keteraturan waktu makan, yang walaupun tidak salah, sebenarnya bukan utama.

Salah satu unsur populer penyebab asam lambung terproduksi tidak normal adalah unsur makanan dan cara makan yang sangat salah.

Salah satu unsur populer penyebab asam lambung terproduksi tidak normal adalah unsur makanan dan cara makan yang sangat salah.

Unsur makanan? Makanan tinggi protein adalah contoh makanan yang sulit diantisipasi oleh sistem cerna, terutama lambung.

Untuk mencerna dibutuhkan enzym pepsin yang keluar via lambung. Tapi membutuhkan suasana PH asam, kerja ekstra sistem cerna.

Akibatnya asam lambung harus diproduksi ekstra untuk fasilitasi kerja pepsin mencerna protein (hewani). Abnormal? Kurang lebih.

Kalau terjadi sesekali, mungkin tubuh bisa mentolerir, tapi bila sering? Otomatis memicu produksi asam lambung berlebih.

Itu baru protein. Gimana bila dicampur pati? Makin parah, karena enzym pemecah pati butuh suasana lambung tidak terlalu asam.

Kondisi ini akan membuat produksi asam lambung katalis kerja enzym pepsin, terganggu. Masalah baru lagi segera muncul.

Anda minum kopi dan teh? Kafein akan merangsang kerja lambung untuk memproduksi asam, ekstra. Belum lagi ia picu hormon stress.

Stress jelas memicu lagi produksi asam lambung makin berlebih. Anda makan sambil minum teh-kopi? Ya tambah lagi masalahnya.

Makan kombinasi itu semua dengan protein hewani pula? Wassalam! Ingat kerusakan general berlaku akumulatif, gak instan.

Sayangnya hal terbaik yang diketahui untuk menangani asam lambung adalah dengan konsumsi antasida, obat penekan produksinya.

Padahal obat penekan asam lambung justru merusak lapisan lambung secara akumulatif. Menipisnya membran dinding lambung semisal.

Mulusnya peluang bakteri atau jasad renik masuk dalam sistem cerna lanjutan makin tinggi. Tubuh berangsur makin dilemahkan.

Jangan lupa asam lambung juga katalis reaksi kimia penting tubuh lainnya. Fasilitator kerja pepsi tadi semisal.

Asam lambung juga katalis penting dalam memproses mineral penting seperti magnesium-kalsium. Makanya jangan ditekan sembarang.

Itu sebabnya konsumsi antasida berkepanjangan tidak pernah menyembuhkan asam lambung abnormal, malah sebaliknya.

Kondisi makin parah, luka lambung, daya tahan tubuh melemah, anemia, hingga osteoporosis dan mutasi sel lambung menjadi kanker.

Jalan keluarnya sederhana. Kontrol pola makan Anda. Batasi teh-kopi, seminggu sekali, diluar jam makan. Batasi protein hewani.

Jauhi juga kebiasaan buruk tanpa guna seperti merokok. Konsumsi obat-obatan tanpa kegunaan fundamental, pelangsing, missal.

Makan sesuai sistem kerja alamiah tubuh, pelajari #FoodCombining dan #RawFood misal, lakukanlah rutin. Minum hanya air putih.

Sedikit Info Tentang Sakit Maag

Prolog by Hanni: “Ada seorang dokter di twitter yg komen, katanya sakit maag itu penyebabnya bukan pola makan. Tapi bakteri (nama bakterinya Helicobacter Pylori), penemu bakterinya pun dapet nobel lho katanya. Lalu dokter lain pun ikut komentar, menyanggahnya”.

Dr. Ratih C. Sari:

Sebenernya sederhana: namanya -itis (gastritis) : radang, ya disebabkan bakteri, yg diserang: yg kondisinya ‘layak serang’.

Pola makan yg tidak baik ya menyebabkan kondisi lambung jadi ‘layak serang’.

Antibiotik untuk gastritis? Emang matiin bakterinya, tapi tidak memperbaiki kondisi lambungnya, hanya bisa diperbaiki lewat pola makan.

Harus selalu diingat bahwa kebanyakan obat itu dibuat untuk melawan bakteri, dengan harapan bila bakterinya mati organnya bisa pulih.

Sayangnya kita suka lupa, obat gak menyembuhkan organ, kirain kalo minum obat, organnya akan sembuh sendiri?

Tanya: Tapi yang bilang sakit maag karena bakteri, dapet nobel!

Dapet nobel karena nemuin bakteri penyebab radangnya, rumusnya selalu tetap sama : infeksi harus disebabkan oleh adanya bakteri/virus, pada lingkungan yang melemah

Obat cuma membunuh penyebab. Regenerasi sel cuma bisa diakselerasi, bukan diciptakan. Regenerasi sel antaralain lewat makan sehat

Dr. Ratih Citra Sari | Twitter ‏@ratihcsari

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s