The Truth About Mentega dan Margarine

Dian Ekasari Putri, Twitter: ‏@bundapoetri

Margarine dan mentega dibedakan dari asal pembuatannya, mentega dari minyak hewani, margarine dari minyak nabati.

Proses pembuatannya sama yaitu melalui proses hidrogenasi molekul minyak CIS menjadi trans agar minyak bisa membeku padat.

Bentuk molekul yg bisa diterima dan diserap tubuh adalah bentuk CIS.

Kalau bentuk trans tidak bisa diserap tubuh, jadi bisa sebabkan penyumbatan pembuluh darah bila konsumsinya kebanyakan.

Kenapa mentega margarine dibuat? Karena konsumen menginginkan minyak yg tahan lama dan tidak cepat tengik.

Maka dibuatlah mentega dan margarine utk menjawab kebutuhan konsumen tersebut.

Yang penting diketahui lagi, penambahan beta karoten pada mentega margarine yg sering diakui sebagai vitamin A, yang berguna bagi tubuh, tapi fungsi utamanya adalah utk memberi warna pada mentega margarine agar lebih menarik.

Jadi, konsumsi mentega margarine jangan terlalu banyak agar terhindar dari penyakit jantung, stroke akibat penumpukan lemak di pembuluh darah.

Demikian kultwitnya, semoga bermanfaat….temen2 TPG IPB, bantu juga dwonk nambah2in agar lebih banyak info J

Image

Mentega kok dibilang sehat?

Erykar@erikarlebang:

Di pusat kebugaran ada kue dijual, “Kue Sehat”. Bahannya: Oatmeal, Egg, Gula Palm… Butter! Hehe, mentega kok dibilang sehat?

Gak usah berpanjang saya jelaskan. Baca aja kultwitnya @bundapoetri tentang mentega (tersebut di atas) supaya paham

Serunya jadi pelaku FoodCombining yang baik kita disarankan paham unsur makanan. Gak usah yang detil, general saja cukup.

Jadi kita gak bisa dibohongi oleh klaim produk hasil industri makanan. Atau setidaknya produsen makanan yang gak faham.

Dian Ekasari Putri@bundapoetri:

@erikarlebang masih mending utk kue, banyak ibu2 yg menggunakan butter utk menumis dan sbg pemberi rasa gurih pd makanan anak2nya

@erikarlebang jadi banyak yg klaim sdh masak sehat krn no sugar, no salt, no MSG,tp pakai butter…buat MPASI lg,duuhh,itu salah yaaa!

Erykar@erikarlebang:

Waduh, dari kecil dimudahkan untuk darah tinggi, stroke dan kanker

Dian Ekasari Putri@bundapoetri:

@erikarlebang tp, memang uenak uyy butter itu, butter yah bukan margarine, soale dari hewani, hahahaa *stroke langsung menghadang*

@nophie_novita @erikarlebang peruntukan olive oil sbnrnya utk minyak salad,bukan utk menumis krn titik didihnya rendah,ikatannya ga stabil

Jadi ibu ibu,ga usah galau,takut utk menumis, menumis itu salah satu cara masak sehat loh, asal pakai minyaknya sedikit, ga terlalu panas apinya

Plus menumis kan waktunya hanya sebentar saja, jd sayuran dan laukpauknya masih crunchy, klo sdh terlalu lembek ya bukan menumis namanya

cindy c@littlepomello:

Dan skrg udah ada margarine yg zero-transfat (0.5 gr/serving) ref:bit.ly/13jKQsI

Dian Ekasari Putri@bundapoetri:

@littlepomello @erikarlebang hehee,blm ada ilmu mengubah lemak hewani mjd butter kalau tdk melalui proses hidrogenasi

@littlepomello @erikarlebang kalo butter tak mengalami hidrogenasi,dia cpt skali meleleh dan tengik,lemak CIS tak stabil di suhu ruang

@littlepomello @erikarlebang dan ttg margarine zero transfat,coba tanyakan pd produsennya bgmn cara mengubah minyak jd padat?

cindy c@littlepomello:

Bukannya krn itu lemak hewani jd di suhu ruang pun gak akan cair, misal lemak daging sapi kan tetep padat di suhu ruang?

Dian Ekasari Putri@bundapoetri:

@littlepomello beda dear,dia padatnya kan gak bisa spt butter konsistensinya, kudu diolah jd minyak hewani dulu, kmdian baru dipadatkan

@littlepomello jd bedakan pemahaman lemak dan butter ya? Krn butter itu olahan dari lemak hewani. coba googling pembuatannya yaaa

Dari awal tweet saya bilang butter dari lemak hewani yaa, bisa di cek, jangan salah paham lagi yaaa,sip😉

Nanti kita upgrade lg ttg butter yg dari krim susu hewan ya, kita cari ilmunya lagi…sebutannya sama tp asalnya beda hehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s