Vitamin B12

Bagaimana tubuh mendapatkan pasokan vitamin B12 kalau kita mengatur ketat konsumsi protein hewani? Kan itu sumbernya?

Masalahnya memang bila kita mencari tahu, vitamin B12 identik dihasilkan oleh panganan yg dekat dgn produksi hewan

Mulai dari daging-dagingan, susu hingga produk turunannya dikenal sebagai sumber yg berlimpah dengan vitamin B12

Apa yg terjadi saat kita kekurangan vitamin B12? Beberapa masalah memang bisa muncul semisal rasa sakit pada organ tubuh

Rasa lelah berkepanjangan, hingga munculnya problem psikologis seperti rasa gelisah, panik tanpa sebab jelas? Seram? Ya

Masalahnya, benarkah meminimkan pasokan protein hewani menimbulkan masalah demikian? Mari mengacu pada fakta yang ada

Pelaku vegetarian yang lakukan polanya secara baik dan benar, sebenarnya tidak cocok dengan deskripsi defisiensi B12 tadi

Problematika itu malah lebih sering muncul pada mereka yang keseharian mengkonsumsi protein hewani dalam porsi tinggi

Perbedaan kenyataan ini bisa kita mengerti bila melihat pada sistem yang berlaku sesungguhnya pada tubuh manusia

Ternyata Vitamin B12 pada tubuh manusia diproduksi secara mandiri. Oleh bakteri bersahabat yang hidup dalam sistem cerna

Bakteri itu dikenal dengan nama Probiotik. Ia hidup secara alami dalam tubuh manusia dan memiliki banyak fungsi positif

Keberadaan B12 sebagai hasil manifestasi keberadaan probiotik, tentunya amat terkait dengan kemampuan kita menjaga tubuh

Menciptakan lingkungan tubuh yg ideal dengan kehidupan probiotik tentu akan membuat pasokan B12 terjaga setiap saat

Sebaliknya tubuh yang memiliki lingkungan tidak nyaman akan mengurangi jumlah probiotik dan langsung picu kekurangan B12

Apa yg membuat probiotik tidak bisa hidup nyaman? PH tubuh yang cenderung asam! Sila cek foodcombining utk tahu lbh jauh

PH tubuh yg asam dan jauh dari netral membuat tubuh kesulitan menciptakan derajat keasaman yg ideal dalam sistem cerna

PH dalam usus halus & besar semisal harus miliki perbedaan signifikan agar probiotik hidup-bekerja sesuai kapasitasnya

Kontradiksinya, konsumsi protein hewani berlebihan justru membentuk PH tubuh menjadi asam dan jauh dari kondisi sehat

Sementara banyak konsumsi buah-sayur dengan cara benar, justru akan ciptakan PH netral dalam tubuh dan buat kondisi ideal

Pencernaan manusia sehat memiliki probiotik hingga 1.5-2 kg! Sayang pola makan buruk bisa buat tersisa hanya seperempat

Demikian pematahan mitos bahwa mereka yg mengkonsumsi sedikit protein hewani akan mengalami kekurangan pasokan vit B12

Bagaimana dengan defisiensi B12 sendiri? Kadang kita harus menyikapi dengan bijak. Rasa sakit pada organ semisal

Penderita sakit pada bagian leher ke punggung bawah sering didiagnosa menderita kekurangan B12 terkait sistem saraf pusat

Kenyataannya? Memang pada dasarnya mereka memiliki postur harian yg buruk dan mendeteriorisasi harmoni muskuloskeletalnya

Jangan heran kalau mereka mengeluh sakit berkepanjangan. Ketimbang konsumsi suplemen B12/diet tinggi protein as a way out

Yoga, fisioterapis atau sesi chiropractor bisa jadi memberi jalan keluar yang lebih signifikan untuk masalah mereka

By @erikarlebang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s