Cara Terbaik Menkonsumsi Brokoli “Mentah”

Yuk siang2 kita bahas BROKOLI… 

#brokoli mengandung phyonutrient yg namanya: lutein dan zeaxanthin sangat baik untuk kesehatan mata 

#brokoli juga mengandung kalsium tinggi PLUS vit C sekaligus, sehingga membuat tubuh menyerap kalsium dengan optimal 

#brokoli baik juga untuk ibu hamil. excellent source of FOLIC acid. membantu menghindarkan dari kemungkinan cacat lahir 

#brokoli & kecambah brokoli dapat memusnahkan bakteri Helicobacter pylori, yang banyak sebabkan kanker lambung 

#brokoli adalah sumber konsentrat vit B6, vit E, niacin, magnesium, potassium, omega-3 fatty acids, semua. Baik untuk jantung 

Intinya, seperti keluarga sayuran cruciferous lainnya, #brokoli mengandung phytonutrients anti kanker 

Bagaimana cara terbaik mengkonsumsi #brokoli ? 

Usahakan selalu cari brokoli organic, potong hingga menjadi “bunga2” ukuran sedang, lalu cuci bersih. 

Setelah itu potonglah #brokoli sehingga jadi bunga2 mini (florets) seperti foto yang ada di tweet berikutnya 

Cara potong #brokoli menjadi florets:

Image

Study menunjukkan dengan memotong kecil #brokoli memicu enzim #myrosinase yang mengaktifkan nutrisi brok. 

Jadi untuk dapatkan yang terbaik dari #brokoli sebaiknya potong seperti tadi dan biarkan 10 menit sebelum konsumsi 

Asam askorbic (vit C) optimalkan kerja #myrosinase ada baiknya #brokoli diberi perasan lemon.

Image

Pemanasan diatas kompor akan mengurangi kerja enzim #myrosinase oleh sebab itu lebih baik dimakan mentah 

Kalaupun #brokoli dimasak, setelah potong floret, peras lemon, diamkan 10 menit supaya fitonutrient sempat dioptimalkan #myrosinase 

Setelah itu masak dalam api kecil saja & JANGAN lebih dari 10menit, harusnya fitonutrient masih ada, walaupun enzim mati. 

Masak #brokoli semua pasti uda jagoan kan? Nah sekarang aku share caraku bikin salad raw #brokoli ya? 

1 mangkok #brokoli florets, 1 alpukat dan tomat potong dadu, wortel potong korek api. olives jika punya. 

Resep simpel tadi bisa ditambahkn pure sea salt atau himalayan salt +taburi lada hitam.

Saya tidak rekomen kasih olive oil lagi karena elemen lemak sudah ada dalam alpukat. pilih salah satu saja. tapi kembali ke selera anda 

Kalo tanpa alpukat, siram dengan dressing yang terbuat dari… tweet berikut ini 

1 atau 2 siung bawang putih, kupas, dan parut atau iris super tipis , 1 sendok makan lemon, 2-3 sendok makan olive oil, Himalayan Salt+lada hitam 

Ok sekian dulu sharing ttg #brokoli ya.. selamat mencerna, lalu mencoba hadirkan sayur2 dlm hidupmu 

Jangan makan hal yg sama tiap hari karena akan mebuat kolon kita cenderung malas. variasikan sayuranmu 

Ingat2 yukk, walaupun udah makan sayuran mateng, usahakan selalu hadirkan salad or lalaban dalam menu-mu 

Next time kita bahas sayur lain.. salam Indonesia sehat.. serat serat serat!

Oh iya, info-info saya tentang sayur saya dapatkan waktu sekolah rawfood chef di USA dan berbagai buku yang saya punya, serta diskusi dengan guru2 saya🙂

Sophie Navita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s