Makan Buah Dulu, Baru Makanan Lain. Jangan Dibalik

Erykar @erikarlebang:

Masih aja ditanya kenapa dalam #FoodCombining makan buah belakangan itu tidak direkomendasikan? Kuno ya? Tapi baiklah yuk dijawab

Cuma menjawabnya gak mentah-mentah mengabsorsi jawaban kenapa buah dimakan belakangan buruk? Kita balik aja, kenapa duluan?

Buah, dimakan segar secara utuh, maupun dalam bentuk jus segar buatan sendiri, kaya dengan serat, vitamin, mineral dan enzym.

Semua kandungan buah tersebut berguna bagi tubuh dan cepat sekali dimanfaatkan. Dikonsumsi tanpa makanan lain adalah terbaik.

Kecepatan itu lucunya tidak diikuti oleh gula alami dalam buah, fruktosa, dimakan benar tidak naikkan level gula darah instan.

Fruktosa yang terserap perlahan tidak memancing produksi insulin dari pankreas. Tubuh nyaman walau buah tergolong manis.

Tidak keluarnya insulin juga menjaga energi tubuh. Sementara buah tetap beri pasokan energi setelah gulanya dikonversi liver.

Pola makan buruk acap membuat alokasi energi tubuh menjadi kacau. Bisa kerja keras pankreas buat insulin akibat gula melonjak.

Problem lambung akibat kurang idealnya substansi yang harus dicerna karena banyak sebab: kerja keras liver dan banyak lagi. Buat mereka yang terbiasa makan dalam keadaan lapar ini kondisi umum. Mereka yang sibuk dan pelaku diet asal contoh populer. Juga mereka yang santap asal enak, tidak peduli apa yang dimakan, padu padan dan waktu makan sesuai siklus tubuh alamiah.

Energi yang ada acap terkuras habis dan alokasinya terkacaukan. Secara general tubuh kemudian sulit menjadi sehat.

Mengkonsumsi buah segar, utuh atau jus, minimal 20-30 menit sebelum makan mampu menyiapkan tubuh untuk menata energi cerna

Buah juga mampu mengurangi rasa lapar, sehingga menghindari makan dalam keadaan tidak terkontrol dan cenderung asal lahap

Buah yang masuk terlebih dulu, menyumbangkan enzym, vitamin dan mineral yang utuh dan mudah serap tanpa dirusak makanan lain.

Sehingga target tubuh untuk mensuplai substansi penting dari waktu makan normal, menjadi terbantu. Bebannya dikurangi.

Itu sebab tindakan ini berguna bagi mereka yang kelebihan atau kekurangan berat badan agar menjadi normal dan sehat.

Jadi dari sekarang, makanlah buah dengan cara benar. Sebisa mungkin pagi hari ekslusif dan beberapa waktu sebelum makan utama

Masih termakan mitos bodoh? “Buah itu asam dan menyebabkan lambung sakit” ya kelaut aja, eh baca web dalam bio atau buku saya.

untitled (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s