Migraine

Erykar@erikarlebang

Ahli medis mendefinisikan migraine sebagai gangguan saraf. Menumpuknya senyawa biokimiawi pengantar saraf pada serabut otak 

Kemudian pembuluh darah diluar kepala melebar menegang (umum dilihat dari tonjolan pada nadi di pelipis saat serangan muncul) 

Saat serabut otak mengerut, beberapa penderita muncul gejala unik berupa berikut: kehilangan penglihatan di titik tertentu 

Perlahan kehilangan pandangan berubah jadi semacam sinar (aura) berkarakter unik. Perlahan menghilang dan visual jelas kembali 

Sayangnya saat visual kembali jelas, itu kondisi dimana pembuluh darah luar otak mulai ikut melebar, pusing sebelah menyerang 

Tidak semua alami demikian. Beberapa hanya alami serangan pusing sebelah mendadak. Ada yang kehilangan koordinasi kalimat 

Diluar penyebab psikologis atau fisiologis karena genetika. Migraine lebih mudah dibahas berdasarkan makanan pemicu 

Lucunya migrain karena makanan memiliki penyebab unik pada setiap individu. Efek tingkat gangguannya pun juga demikian 

Saya secara pribadi sensitif terhadap susu dan turunannya, dalam jumlah tertentu atau sekedar rutin, migraine pasti menyerang 

Beberapa ahli berpendapat, pencetus migrain terjahat adalah lemak. Terutama jenis yang telah rusak karena oksidasi 

Semisal, lemak jenuh, kolesterol dan lemak trans. Diduga radikal bebas merusak komunikasi yang dilakukan zat pengantar

Protein hewani berat dan makanan penuh proses serta makanan kemasan, umumnya sarat dengan elemen tersebut tadi 

Atau makanan digoreng dengan minyak berulangkali pakai. Bisa juga makanan basis tepung tapi dibuat dengan margarin-mentega 

Produk pangan-minuman dari ragi serta fermentasi yang menghasilkan alkohol juga ditengarai menghasilkan reaksi migrain 

Zat aditif seperti MSG dan pemanis, pengawet non natural dan kafein pada kopi, teh, softdrink juga pemicu migrain yang populer 

Kenapa hal ini bisa terjadi? Bisa jadi karena banyak dari makanan populer umumnya bukan makanan yang layak dikonsumsi manusia 

Atau individu memiliki defisiensi unsur-unsur tertentu. (zat gizi, mineral). Semisal, migrain akibat susu, karena kurang vit D 

Bisa juga karena kombinasi makanan yang salah. Semisal konsep pati-protein yang sudah dijelaskan dalam #FoodCombining mengapa? 

Bagaimana cara terbaik memahami unsur makanan pencetus migrain? Membuat food diary adalah cara terbaik, saat migrain menyerang 

Catat dan ingat semua makanan yang dikonsumsi dalam jarak 24 jam sebelum. Contreng unsur-unsur makanan yang potensial penyebab 

Coba untuk menghindari unsur tersebut selama 1-3 bulan. Bila tidak muncul lagi, bisa jadi itu biang keladi migrain menyebalkan 

Langkah pertama, konsumsi air putih cukup, beri jarak 30-60 menit pasca waktu makan terdekat, terutama bila kenyang 

Kemudian, bisa menyepi, hindari terik matahari, cahaya terlalu terang atau suara hingar bingar, hindari transisi suhu drastis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s