Raw Food

Berikut adalah alasan lain mengapa mengkonsumsi bahan pangan segar itu sebaiknya diperbanyak. Sebutlah bentuk populer, menggoreng 

Menggoreng membutuhkan kehadiran minyak untuk eksekusi. Apapun minyak yang dipergunakan, mereka memiliki satu kelemahan mencolok. 

Minyak mudah sekali teroksidasi. Saat ia terpanaskan oksigen akan segera bergerak cepat merusak minyak, seperti besi yang berkarat. 

Apa pengaruhnya bagi tubuh bila makanan teroksidasi seperti gorengan terus menerus memasuki tubuh? Jumlah radikal bebas meningkat. 

Radikal Bebas adalah molekul yang kehilangan satu buah elektron dari pasangan elektron bebas. Ia bersifat merusak molekul lain. 

Dalam jumlah normal, tubuh mampu mengatasi bahkan memanfaatkan radikal bebas ini untuk keperluan metabolismenya. Tidak berbahaya. 

Tapi saat terlalu banyak? Tubuh akan alami kesulitan. Terpaksa cadangan enzym dipakai untuk memproses radikal bebas berlebih itu. 

Tubuh pun harus mengaktifkan organ penghasil enzym seperti pankreas agar bekerja ekstra. Akhirnya turunkan kualitas organ vital ini. 

Tubuh yang penuh radikal bebas juga akan merusak harmoni lingkungan usus yang dipenuhi oleh bakteri baik, bakteri jahat maupun bakteri netral. 

Lingkungan buruk di usus akan menurunkan jumlah bakteri baik, mendominankan bakteri jahat dan mempengaruhi bakteri netral menjadi jahat. 

Yang terjadi saat bakteri baik berkurang dari usus? Yang paling dominan adalah fungsi mereka untuk memproduksi enzym dan vitamin. 

Kehilangan fungsi penting bakteri baik itu membuat tubuh secara akumulatif makin tidak berdaya hadapi serbuan radikal bebas tadi. 

Akhirnya tubuh terpaksa alokasikan cadangan enzym yang ada untuk perangi gempuran radikal bebas itu. Hingga habis sebelum waktunya. 

Tubuh yang kehilangan cadangan enzym akan kehilangan energi hidup. Usia ditangan Tuhan, tapi masa pakai organ, kita yang tentukan. 

Demikian alasan mengapa makanan Raw Food dalam bentuk buah dan sayur segar seharusnya menjadi menu utama dalam keseharian kita.

Selain kaya enzym siap pakai yang bisa menghemat cadangan enzym kita. Buah & sayur segar penuh akan antioksidan anti radikal bebas. 

Variasikanlah buah-sayur segar aneka warna untuk pastikan pasokan antioksidan itu masuk dalam berbagai bentuk dan berfungsi efisien. 

Sifat buah-sayur segar yang ringan, penuh daya hidup dan kaya serat membuat suasana sistem cerna ideal, bakteri hidup seimbang! 

Anda hanya perlu pastikan kualitas buah-sayur segar yang disantap, higienitas dan tata cara makan yang benar.

by Erikar Lebang | Twitter: @erikarlebang

26/Jun/2012 07:47:27 AM

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s