Tehnik Makan Berselang 5

By; Zaidul Akbar, 5 Dec 12

Makan berselang lima..merupakan salah satu tehnik makan yg dilakukan penelitian yg ternyataaa..ikuti kultwitnya ya. 

Salah satu bahan yg diperlukan dlm tubuh kita tuk mencerna makanan adl enzim. 

Enzim bisa bermasalah jika proses dlm memakan itu jg bermasalah. 

Setiap bahan yg masuk ke mulut kita perlu enzim yg berbeda, lipase, amilase dll. 

Dan uniknya, pencernaan kita semakin mudah jika kita makannya gak nyampur2in sekaligus. 

Yg paling ideal adl ga nyampur sekaligus >2jenis makan dlm satu waktu. 

Jd kalau makan daging, ya jgn makan ikan krn sama2 telur, nasi jgn sama kentang, 

Biang kerok penyakit ya kalau nyampur2 semua sekaligus, shg perut semakin berat kerjanya. 

Yg uniknya adl ternyata pengaktifan enzim dimulut bisa dimulai dgn cara ngunyah makanan dng sempurna. 

Baginda Rosul sdh ngajarin ngunyah yg bener kan, ampe 30kali bahkan. 

Dan hiromi shinya pakar pencernaan jepang,mlh blg dia ngunyah 30-50x. 

Yah mungkin kebanyakan bagi setiap org, yg jelas kunyahan itu mengaktifkan enzim di mulut kita dng sempurna. 

Dan ternyata, proses ini pun jg dikuatkan lg dlm alqur’an, Alqur’an mengajarkan makan buah dulu lo. 

Alqur’an aja nyuruh makan buah dulu lo biar enzim kita bekerja dulu, buka surah 56; 20,21 dan surah 52;22 

Dimana2 mah cuci mulut ya pakai air bukan pake buah, kok buah buat cucimulut..hehe. 

Allah ganjil dan suka yg ganjil2..demikian hadits qudtsi, ada hub dng enzim? mungkin ada. 

Tenyata, dlm sebuah penelitian, salah satu tehnik optimalisasi enzim adl dng cara makan bersela lima. 

Teknik makan berselang lima ini ternyata menghasilkan optimalisasi enzim pd sal cerna. 

Dan ternyatanya lagi..hal itu didptkan pd perlakuan yg ganjil2 saja, bukan genap. 

Perlakuannya adl dng cara setiap lima suapan, kita berhenti atau rehat sejenak dari makan. 

Berhenti sejenak selepas 5suapan ini dng cara menarik nafas atau minum air sedikit aja. 

Tehnik ini ternyata bisa mengoptimalisasi enzim yg ada disaluran cerna kita. 

Dan ternyatanya lagi, dng menarik nafas dan rehat bbrp saat td, me”reset” siklus yg sudah bekerja shg kembali dari awal. 

Keren ya..dan itu bermula dari kunyahan dan ke”ganjil”an.. 

Dahsyat ya..ternyata angka ganjil itu punya makna.. 

coba ya mulai skrg ngasih jeda waktu tiap suapan ganjil tuk narik nafas, dan minum air secuil, air hanget ya. 

Disamping itu jg, belajar nyederhanakan makanan jg cara jitu tuk sehat dan ngurusin badan. 

Satu lagi mumpung inget, usahakan jgn banyak bicara wkt makan, krn bikin udara masuk ke perut. 

Dng pola2 sederhana dlm makan, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit yg bikin abis duit. 

Konsep food combining zaman skrg, sbnrnya udh dicontohkan baginda Rosul dahulu kala. 

Itu sebabnya, kunci dari semua penyakit memang terletak diperut, ketika pencernaan kita baik ya semua jd baik. 

Lucunya adl banyak org sakit zaman sekarang, lbh krn pola makan yg buruk. 

Abis makan, tu perut biarin kerja dulu, rileks dulu, jgn dizolimi pake air es, apalagi jus2 buah pake gula, sirup dll. 

Boro2 dpt manfaat jus, tu jus buah dingin, jika diminum langsung abis makan, jd padanan komplit buat ngerusak pencernaan. 

so..sederhanakan makanan..maka kalau dpt penyakit ya sederhana juga.

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s