Green Smoothie

Sophie Navita Barata @sophieNavita:

1. Ok, mumpung sempet, pagi ini mau tweet tentang GREENSMOOTHIE yang akhir2 ini dapat perhatian. Boleh ya?

2. GREENSMOOTHIE yang saya lakukan dengan ajakan #kumisijo adalah salah satu cara saya mengajak bangsa ini nikmati sayur.

3. Tapi jangan keliru, mentang2 minum GREENSMOOTHIE gak berarti boleh nggak makan sayur. Makan sayur tetap harus jalan.

4. GREENSMOOTHIE adalah campuran antara buah dan sayur berDAUN hijau. Ingat yang berDAUN. Jadi zukini, wortel, bengkoang dll, entar dulu ya.

5. UNTUK pemula saya sarankan 60% buah dan 40% sayur DAUN hijau. Ingat yang berDAUN. Tapi bisa daun merah juga kalau nemunya bayam merah🙂

6. Nanti lama2, coba dibuat 50-50 sayur dan buahnya. Supaya gula buah dari buah tidak terlalu tinggi masuk ke dalam tubuh.

7. Kenapa sih kok bolehnya buah + sayur berDAUN saja? Ini karena saya mengacu pada ajaran rawfood dimana GREENSMOOTHIE dilakukan.

8. Dalam buku Victoria Boutenko yang berjudul Green For Life, dia mengelaborasi perbedaan antara sayur daun, sayur umbi (wortel, kentang, dll) & sayur bunga (brokoli dll).

9. Victoria Boutenko mengatakan, kita bahkan dengan mudahnya mengkategorikan semuanya atas nama sayur.

10. Sementara untuk daging misalnya di supermarket aja ada kategori fish, poultry, meats, padahal satu kata kan –>protein hewani.

11. Begitu juga kata SAYUR. Harusnys bisa diklasifikasi–>sayur umbi, sayur daun dan sayur bunga.

12. Nah menurut pencarian Victoria Boutenko satu2nya jenis sayur yang aman dicampur dengan buah adalah kategori SAYUR DAUN. Jadi sayur umbi + bunga = NO ya!

13. Karena, jika kita campur buah dan sayur UMBI (wortel, zukini, dll) akan akibatkan buah memfermentasi zat PATI yang ada dalam sayuran umbi tadi.

14. Hasilnya apa? Perut terasa kembung, sebah dan dalam jika panjang tidak baik utk kesehatan kita.

15. Oleh sebab itu ilmu GREENSMOOTHIE yang paling ideal dari dunia rawfood adalah ketika buah dicampur sayur DAUN. Bukan yang lain. Hasilnya harmonis.

16. Bahkan sayur DAUN (greens) justru satu2nya food group yang bantu mencerna food group lain dengan menstimulasi pensekresian enzim pencernaan.

17. Bagi saya pribadi, kehadiran sayur DAUN dalam GREENSMOOTHIE justru membantu turunkan kadar gula yang ada dalam buah yang tercampur bersamanya.

18. Makan TERLALU banyak buah juga gak baik loh..hati2 karena fruktosa dapat picu inflamasi dalam tubuh, jadi sebaiknya makan buah secukupnya.

19. Pada orang yang sehat, makan buah tidak jadi issue, tapi pd orang yang punya penyakit degenerative (kanker, diabet, jantung, dll) makan buah sedikit saja bisa berefek buruk.

20. Karena saya juga pelaku food combining (sampai akhirnya menjadi lebih pemakan veggo saja) saya mencerna ilmu GREENSMOOTHIE ini dengan cermat.

21. Saya menganggap jika saya minum GREENSMOOTHIE, saya kategorikan dia sebagai satu entitas yaitu–> BUAH.

22. Karena saya kategorikan GREENSMOOTHIE sebagai “BUAH” saya meminumnya pagi saat perut kosong, dan baru makan cooked foods paling tidak 1/2 jam setelah GREENSMOOTHIE.

23. Supaya apa? Supaya si entitas “buah” tadi (yang adalah GREENSMOOTHIE) tidak memfermentasi makanan mateng (cookedFoods) yang saya konsumsi setelahnya jika sedang ingin.

24. Kalau sudah keburu makan cooked foods lalu kepingin GREENSMOOTHIE , saya terapkan ilmu sirkadian tubuh, dan tunggu 3 jam dulu, baru GREENSMOOTHIE.

25. Kenapa? Kembali lagi, buah jangan sampai beradu dengan makanan matangmu…fermentasi…NO NO.

26. Saya juga TIDAK pernah sarankan GREENSMOOTHIE sebagai pengganti makan siang/malam. Ini BUKAN diet langsing.

27. Kecuali anda sedang mencoba detoks dengan cara hanya minumGREENSMOOTHIE, saya TIDAK sarankan GREENSMOOTHIE sebagai pengganti makan.

28. GREENSMOOTHIE hanyalah salah satu cara memperbanyak sayur DAUN hijau masuk ke dalam tubuh kita.

29. Dalam dunia toksik ini (khususnya Jakarta) kita butuh BANYAK konsumsi sayur hijau (greens) untuk lawan radikal bebas.

30. Dan kuota banyak konsumsi greens itu gak akan bisa tercapai kalau cuma kunyah sayur aja. Lah kerja, sekolah, tidur, mainnya kapan?

31. Makanya salah satu caranya dibantu GREENSMOOTHIE dan diminum dengan cara yang benar dan campuran benar (liat tweet2 sblmnya).

32. Soal campur buah+sayur rawfamily.com/newsletters/ra…

33. Ok jadi yang nomer #32 td adalah soal campur buah +sayurDAUN dalamGREENSMOOTHIE yang saya anut dalam rawfood ala Victoria Boutenko dibuka linknya.

34. Jadi beda perguruan, beda ilmu. Tak perlu disama2kan. Tak perlu merasa eksklusif. Choose what suits YOU. Listen to your body.

35. Pembuatan GREENSMOOTHIE adalah dengan blender, beda dengan greenjuice yang saya buat dengan SLOW juicer. Tolong perhatikan tagarnya BEDA saat saya posting.

36. Soal GREENSMOOTHIE saya rasa cukup jelas ya? Soal greenjuice kapan ada waktu saya sharetweet lagi ya? Boleh kan?

37. Inget2 yuk..meditasi makanan penting. Sebelum memasukkan apa2 ke mulut, dipikir dulu🙂 selalu sertakan GREENS (sayur hijau).

38. Walaupun sudah makan sayur matang saat sedang nikmati makan, tapi usahakan ada versi mentahnya juga. Lalapan kek, salad, sekedar timun potong kek.

39. Ya udah ya. Sekarang gue minta tolong, sharetweet yang udah panjang ini tentang GREENSMOOTHIE siapa yang bisa compile jadi link? Jadi ga repot kalau ada yang nanya2 lagi.

40. Terimakasih ya tweeps, ingat, selalu dahulukan sayur, yang lain2 ngikut di belakang. #IndonesiaMakanSayur untuk indonesia yang lebih SEHAT!!

41. Sekarang gue mau tumis buncis dulu, buat bekel anak2 lunch nanti. Tapi eh.. sebelumnya bikin panekuk dari tepung beras enak nih ;p

42. Oh iya, gue adalah si MC & penyanyi yang juga rawfood chef, tapi tidak BERARTI gue makan 100% sayur mentah doang, so please don’t ask me silly questions haha.

43. Umm. Apalagi ya? *dasar ibu2 ya gue, udah kelar bicara masihh aja ha ha he he ala2 bubar arisan*

44. Udah aaaah. Tolong ya…kalau ada yang berkenan compile tentang serie GREENSMOOTHIE ini, tolonglaaah kakak ini yaaak *amang oiii*

45. Ah lupa!! Satu lagi, saat minum GREENSMOOTHIE tetap sambil KUNYAH ya, supaya enzyme ludah dipicu produksinya, ringankan beban cerna!

Image

 

Leave a Reply

