Bijak Meminum Obat Farmasi

Erykar @erikarlebang on Twitter 23 April 2013:

Dulu waktu kecil, kakek dan ibu saya sangat berhati-hati dengan pemakaian antibiotika. Kalau saya minum pasti diawasi ketat.

Dengan kata lain, mereka sangat jarang beri antibiotika, kendati saya tergolong mudah jatuh sakit saat itu. Senjata pamungkas.

Karena dulu saya penyakitan, kakek saya pernah berkata dengan prihatin “yang sehat, supaya gak perlu dikasih antibiotik”.

Now? Kenalan saya, cuma sekedar flu saja, pulang dari dokter membawa sekantung obat, salah satunya antibiotika kelas berat.

“Logikanya penyakit dibom! Peduli amat yang ancur bukan cuma penyakit, tapi badan-badannya juga” kata sepupu saya yang dokter.

Kalau antibiotika diperlukan, pergunakan disaat yang tepat. Jangan sedikit-sedikit dimanfaatkan. Apa pamungkasnya bila sering?

Bila ada nyamuk di tembok, pukul dengan raket nyamuk, semprot dengan obat nyamuk atau apa lah? Bukan ditembak dengan meriam! 

Nyamuk belum tentu mati, bisa juga yang lain datang lagi, tapi temboknya keburu hancur! Pun nyamuknya jadi hapal bahaya meriam.

Mereka berevolusi mudah berkelit dari serangan meriam, makin banyak tembok hancur ditembak, harus cari meriam model baru.

Mau rumahnya bebas nyamuk? Jaga kebersihan lingkungan. Lagipula normal ada nyamuk sedikit dan sesekali. Ngapain sedia meriam? 

Demikian analogi bodoh tentang pemakaian antibiotika sembarangan. Bukan masalah dosis atau jenis, tapi penyalahgunaannya.

Mau sehat? Jaga pola hidup yang benar. Tenaga kesehatan bukan dewa, jangan tuntut mereka akan obat instan. Sehat secara mandiri

Ryu Deka @RyuDeka:

@erikarlebang biasanya waktu berobat, triggernya ditanya “Ada alergi antiobiotik?”. Kalo enggak, lgs dihajar resep antiobiotik mas🙂

 

Leave a Reply

