Konsep 4sehat5sempurna Itu Keliru

30 April 2013

Zaidul Akbar @zaidulakbar:

1. Selama 60th makanan sehat di amerika digambarkan dengan konsep the basic four.

2. Di indonesia konsep ini diadopsi dengan nama 4sehat5sempurna.

3. Dan hampir semua negara meniru konsep ini, walah…

4. Diajarkan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi sejak 50an, namun sedikit yang sadar slogan itu jadi biang keladi beragam penyakit.

5. Bukan hanya penyakit, bahkan penyakit degeneratif yang muncul gara2 pola itu.

6. Konsep 4sehat5sempurna ini dianggap keliru, kenapa? Karena porsi terbanyak karbo berupa roti, sereal, punya porsi dominan.

7. Karbohidariat jenis ini justru memicu peningkatan gula darah secara tiba2, tapi beberapa saat kemudian bisa drop lagi.

8. Kondisi itu ujung2nya bermuara pada penyakit degeneratif seperti stroke, darah tinggi, dll. Sebagai contoh, susu sebagai penyempurna protein bisa digantikan dengan bahan lain sebenarnya.

9. Malah konyolnya, orang tergila2 dengan susu kemasan (bukan susu fresh, apalagi susu sapi).

10. Padahal seiring dengan pertumbuhan manusia, enzim lactase (enzim penverna susu) akan berkurang, sehingga ujung2nya susu sapi tersebut hanya “mengotori” usus.

11.Berbagai ragam penyakit alergi, sesungguhnya juga bermula dari minum susu ini, yang dikenal dengan intoleransi laktosa.

13. Akhirnya kita terjebak pada berbagai informasi mengenai susu, yang notabene tidak baik bagi manusia, ditambah lagi dengan gula pasir disana.

14. Hiromi Shinya, seorang dokter yang  jelas2 telah memeriksa usus peminum susu, ternyata mendapatkan usus mereka tidak ada yang sehat. Justru dengan susu2 kemasan tersebut merusak flora normal yang ada diusus dan keseimbangan asam basa tubuh.

15. Akhirnya, keseimbangan flora terganggu, ujung2nya kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik.

16. Apalagi kebanyakan susu2 kemasan tersebut menyebabkan asam pada tubuh sehingga tubuh harus “nguras” kalsium untuk netralkannya. Dan mulailah terjadi kerusakan dan gangguan2 penyakit akibat tubuh tidak netral atau berubah jadi asam ini.

17. Dan ini sesungguhnya berlaku untuk semua susu kemasan, apalagi yang ditambahkan gula pasir disana. Pola yang baik ya sebenarnya pola makan “sederhana” yang diajarkan Rasululloh صلى الله عليه وسلم . Apa itu?

18. Pola itu dikenal zaman sekarang dengan nama food combining, ya ini salah satu ya pola diet terbaik.

19. Sebenanya tetep kita perlu makan daging, cuma batasi saja, kalau tidak ya daging akan jadi pembusukan di perut, apalagi gak ada serat. Kalau sudah membusuk begini, makanan ya pastinya BAB nya berbau kurang baik, artinya pembusukan diusus sudah terjadi.

20. Sebenanya Rasululloh صلى الله عليه وسلم sdh memberi info bahwa perut itu sarang penyakit, baik perut baikalauah semua.

21. Para ahli bilang termasuk Hiromi Shinya, bahwa plak peyeri diperut itu sumber imun tubuh, karena 80% imun ada disana.

22. Bagimn cara benerin perut? Ya fermentasi, air, serat yang cukup, protein dibatasi, itu sederhananya.

24. Susu boleh? Boleh, tapi yang fresh aja, kalau susu sapi juga kudu dibatasi, mending susu kambing atau susu dari biji2an.

25. Susu kambing punya molekul yang lebih kecil dan tidak perlu laktase tuk dicerna.

26. Susu biji2an juga baik, seperti susu kedelai hitam, kacang ijo, kacang merah, memberisikan usus.

28. Sehat itu mudah?murah? Menurt saya iya..cuma godaan makanan yang akhirnya membuat seseorang akhirnya masukin makanan yang gak jelas.

29. Berarti makanan atau diet ada hubungannya dengan iman? Menurut kamu gimana? Menurut saya iya.

30. Orang yang bena2 menjaga imannya, ia akan pastikan 3 hal, kehalalan, ke”thoyyiban” dan tidak berlebihan.

31. Thooyib atau baik menurut para ulama juga ada batasannya, gak sembarangan, mi instan halal? Halal, thoyyib? Ya gak banget.

33. Thoyyib itu, tidak merusak agama, akal, fikiran, raga, alami, dan tidak berbahaya jika dikonsumsi jangka panjang.

34. Contoh ya, jus jeruk kemasan halal? Halal,thoyyib? Ya silakan minum setiap hari, sampe bertahun2, dijamin jebol ginjalnya.

35. Penggantinya 4sehat tadi? Sama sih, cuma diubah aja pola, dominan, pada sayur dan buah. Setelah sayur dan buah, gandum, beras merah dan kacang2an.

36. Lalu setelah itu barulah susu daging, telur minyak dalam jumlah terbatas sekali. Minyak2an atau yang berbentuk gorengan pun sebaiknya dihindari, jangan sering. Ubi jalar yang direbus dan kukus susutnya buanyak banget lho. Ubi jalar jika dikukus, susut proteinnya 15%, kalau direbus bisa sampe 71%.

37. Ya kalau pola diet sih banyak, ada yang pake asam basa, ada hay diet, dll.

38. Sekarang kebayang jika digoreng atau dibakar berapa susutnya, apalagi dimakan tiap hari tanpa serat dan air yang harusnya lebih banyak dari itu. Ujung2nya makanan numpuk jadi sampah diperut, kemudian muncullah berbagai penyakit. Coba hindari atau stop deh gula pasir, ganti dengan gula alami produksi Allah di alam ini yaitu gula aren, kelapa, tebu.

39. Gula pasir itu salah satu biang keladi penyakit karena sifatnya yang asam dan merusak sel. Susu yang tadi saya ceritain berlaku juga sebenarnya untuk susu kalsium, kalau mau ambil susu kalsium, ambil sumber kalsium alam.

40. Susu kambing juga tinggi kalsium, alpukat, biji2an, kurma, pisang, juga tinggi kalsium.

41. Yah intinya jangan kemakan iklan, apalagi susu sapi tadi ya, manusia bukan sapi, sapi juga bukan manusia. Sekali lagi ,susu hanyalah nutrisi pelengkap, jangan sampai disampein dalam susu sudah terkandung semuanya, terus minum tiap hari?

42. Ikut pola Rasululloh صلى الله عليه وسلم aja lah lebih sehat..Hiromi Shinya cerita tentang laper dan puasa, lha nabi udah ajarin koq.

43. Foodcombining masa kini, nabi juga sudah kerjain, makanya beliau sehat, gak pernah nabi makan dua protein bersamaan.

44. Dulu waktu ke Bali, ada orang bule disana, yang bilang ke saya, saya gak ngerti orang indonesia, gula baik seperti ini (gula aren) malah dieksport.

45. Kalian malah makan gula pasir, padahal, gak ada bagusnya gula pasir. Banyak sekali rujukan2 tentang itu. Apalagi yang suka makan gorengan, trus lagi panas dimasukin plastik atau dibungkus koran,trus dimakan, selamet deh.

46. Kalau para ahli suruh perbanyak serat, Rasululloh صلى الله عليه وسلم dan keluarganya sangat sering makan talbinah atau gandum. Jadi ya, jangan tanya kenapa sakit2an, kalau gula pasir dan produknya, roti2an terigu, goreng2an, minuman kemasan, daging2an, susu kemasan, dll, jadi makanan setiap hari. Gorengan panas dimasukin kresek, trus dimakan tu gorengan, kayak masukin molekul pemicu kanker ditubuh.

47. Selamat menempuh hidup sehat aja…sebagai bentuk kesyukuran tubuh yang keren luar biasa ini dari Allah, tapi seringnya dioplosin terus.

48. Pesan terakhir ya, konsumsilah sayuran mentah, buah2an, dan air yang lebih banyak dari porsi makanan lainnya, termasuk biji2an.

untitled

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s