Pemakaian Steroid Yang Menyesatkan

06 Mei 2013

Erykar @erikarlebang:

Hari ini Kompas bahas pemakaian steroid yang merebak tidak hanya pada atlet, pun kalangan amatir, anggota pusat kebugaran.

Ini fenomena yang sangat sering saya singgung, terkait tidak sehatnya kehidupan di dunia pusat kebugaran, info menyesatkan.

Dari sisi ‘resmi’ dianggap sehat saja, informasinya banyak yang menyesatkan tentang kesehatan dalam arti kata sesungguhnya.

Dari mulai konsumsi protein berlebihan, metode latihan dan masih banyak lagi. Apalagi yang ‘illegal’ seperti pemakaian steroid.

Seringnya para pemula (kadang sudah lama sekalipun) pelaku kebugaran, diiming-imingi steroid berkedok tawaran suplemen.

Seringnya para amatir terutama pemula dikelabui dengan iming-iming suplemen pembakar lemak dan pembangun otot instan.

Umumnya di awal, tidak disebut kalau yang ditawarkan adalah steroid. “Ini suplemen kok”. Dan memang efeknya biasanya instan.

Biasa setelah pemakai ketagihan dengan perubahan bentuk tubuhnya, muncul tawaran pemakaian ‘obat-obatan’ dalam bentuk advance.

Apa yang ditulis Kompas terkait fenomena ini benar “atlet lebih terlindungi, dengan berbagai peraturan yang mengelilinginya..”

“masyarakat (amatir)..menggunakan obat-obatan itu karena ketidak tahuannya, bisa berakibat fatal” – Kompas hal.15, 6 Mei 2013.

Belasan tahun di dunia kebugaran membuat saya sendiri sudah menyaksikan banyak sekali korban pemakaian steroid beragam bentuk.

Kompas secara spesifik memberikan efek negatif pemakaian steroid, mulai kebotakan hingga perubahan yang bersifat gender.

Yang paling sering saya saksikan terjadi adalah kerusakan pada fungsi liver, ginjal dan gagal jantung pada beragam usia.

Kompas bahkan memberikan secara spesifik kisah-kisah tragis korban pemakaian steroid di halaman khusus olahraganya.

Ironis sekali. Dari jaman masih lugu di dunia kebugaran pun saya tidak berani menerima resiko pemakaian steroid terhadap tubuh.

Berharap fenomena ini benar disadari keberadaannya oleh siapapun yang akan atau sedang menjalaninya, olahragalah agar sehat.

RT @Roel267: Saya dulu korban jugag makanya sekarang pencernaan bermasalah

RT @erikarlebang: Bagus belum kena liver-ginjal 

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s