Sayuran Segar Sumber Toksoplasma?

Erykar@erikarlebang

Ketakutan terhadap toksoplasma jadikan banyak orang menggonggong terhadap pohon yang salah. Gak enak menerjemahkan barking at the wrong tree.

Kenapa salah gonggong? Itu metafora keren untuk ‘salah alamat’. Kenapa? Karena orang mengira asal toksoplasma adalah buah atau sayuran segar.

Toksoplasma adalah hewan bersel satu dengan nama Toxoplasma Gondii. Ia sama sekali tidak bercokol atau bersumber dari tumbuh-tumbuhan segar.

Toksoplasma justru identik dengan dunia hewan. Ia hidup dan menyebar via kotoran atau daging hewan yang tidak dimasak dengan sempurna.

Hewan yang paling sering menjadi penyebar virus toksoplasma adalah kucing. Dalam skala lebih kecil sapi. Kenapa kucing? Sulit dijelaskan.

Ada yang mengatakan karena kucing sering mengkonsumsi tikus liar. Tapi agak rancu, karena kucing yang dipelihara cermat pun rentan terkena.

Kenapa sayuran yang dijadikan kambing hitam penyebar toksoplasma? Karena memang ada kemungkinan sayuran terkontaminasi. Tapi bukan sumbernya.

Jangan lupa pembudidayaan sayur dekat dengan peternakan hewan. Bila tidak digabung dalam tempat yang sama minimal tempat hewan mencari makan.

Ada kemungkinan hewan ternak buang kotorannya secara sembarangan tepat dekat lokasi sayuran yang akan dipanen. Dan saat dijual jarang dicuci.

Jadi salah besar bila dikatakan bahwa sayuran adalah sumber toksoplasma. Karena dengan mencucinya secara cermat, sayuran tersebut terbebas.

Bisa dengan air mengalir selama 3-5 menit. Direndam pada wadah air diberi tetesan cuka apel. Dengan pergunakan sabun khusus buah dan sayuran.

Teknologi terkini bisa mempergunakan air ber PH 2.5 yang sangat asam dan mampu membunuh mahluk renik bila direndam dalam waktu 40 detik.

Takut terhadap sayuran segar sebagai sumber toksoplasma adalah salah kaprah parah. Jangan lupa kucing bisa membuang kotoran dimana saja.

Bisa jadi kotoran itu, tertiup oleh angin dan mendaratkan toksoplasma di semangkuk soto ayam atau sop buntut yang berada di tempat terbuka.

Apakah lantas Anda mengatakan bahwa makanan tersebut adalah sumber toksoplasma? Apalagi menghindarinya dengan alasan sama. Bodoh bukan?

Perlakuan sama bila kita mengatakan bahwa sayuran segar adalah sumber toksoplasma, apalagi bila kemudian menghindarinya dengan dasar itu.

Menghilangkan sayuran segar dari menu makan, juga hilangkan sumber enzym, vitamin, fitokimia, mineral, serat, cairan dan banyak manfaat lain.

Semua manusia membutuhkan unsur penting dari sayuran segar tersebut. Terutama ibu hamil. Bukankah ibu hamil juga masih manusia?

Ibu hamil justru lebih rentan terserang masalah bila ia diekspose oleh produk susu dan turunannya atau makanan yang diproses terlalu lama.

Parno Sama Bakteri Di Buah & Sayur Mentah?

Bunda Putri, @bundapoetri

http://chirpstory.com/li/201928

Eh pada parno yak ama yg namanya bakteri pada buah dan sayur mentah? Duh jangan yah..karena buah dan sayuran mentah itu banyak manfaatnya.

Asal tau aja ya,tangan kalian semua itu banyak terdapat bakteri,udara yg dihirup full dgn bakteri,virus,jamur,kapang dan mikroflora lainnya.

Jadi sepertinya alasan untuk takut makan sayuran mentah n buah segar hanya karena bakteri,virus,itu berarti takut bernafas juga.

Yang terpenting adalah bagaimana cara pembersihan sayuran dan buahsegar sebelum dikonsumsi.

Sebelum dikonsumsi segar,dicuci dulu dgn bersih,direndam larutan cuka utk menghilangkan kandungan pestisida yg menempel.

Kalau cara saya sih dicuci menggunakan Stromg Kangen pH 11.5 pestisida dan yg laennya rontok deh… *bukan kampanye* *dilarang protes*

jadi,jangan takut lagi konsumsi buah dan sayur segar ya,full of enzyme, mineral, vitamin yang alami tanpa perlu supplemen lagi, yeaay!

Jadi yang selama ini masih percaya bahwa konsumsi supplemen vitamin mineral itu bagus,tolong pikirkan lagi baik baik ya…..

yang namanya supplemen itu bila dibutuhkan tubuh baru bs dikonsumsi, jadi tidak boleh dikonsumsi setiap hari spt layaknya makanan.

Dan supplemen itu bukan obat juga,jadi ga bisa diperlakukan sbg obat..daripada mahal mahal beli supplemen lebih baik buah dan sayur aja.

Supplemen itu buatan pabrik,belum tentu penyerapannya sesuai dan bagus dlm tubuh kita,namanya juga buatan pabrik.

Kalau sayur dan buah segar buatan Tuhan,yang pasti sesuai dengan kebutuhan tubuh asal dikonsumsi dengan cara yg benar.

Dikonsumsi yang benar itu bagaimana? kalau buah,konsumsi sebelum makan besar,kalau dikonsumsi stlh makan bisa bikin sembelit.

Kalau sayuran bagaimana cara konsumsi yg benar? sayuran bs dikonsumsi kapan saja kok,tapi untuk yang berFood Combining ya beda lagi caranya.

Nah jadi mulai sekarang singkirkan semua supplemen vitamin mineral,penuhi kebutuhan tubuh dengan sayur dan buah segar ya,murah dan efektif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s