“Supaya bisa tetep makan enak, kantung empedu harus diangkat”?

Sikapi pertanyaan @ladymirinda tentang empedu, jadi ingat percakapan dengan salah satu rekan bermasalah liver tapi hobi makan. 

“Supaya bisa tetep makan enak, kantung empedu harus diangkat” katanya. Tidak tahu siapa yang beri pikiran tolol itu pada dia? 

Tapi itu memperlihatkan betapa rendahnya konsep perawatan kesehatan atau kesadaran mencegah adalah obat terbaik bagi kesehatan. 

Kantung Empedu organ kecil dekat liver, fungsinya tampung cairan empedu liver, yang salah satunya berfungsi mencerna lemak. 

Pola makan yang buruk, tinggi lemak, gula, padu padan sembarang, tinggi protein hewani, prosesan, rusak kualitas cairan empedu. 

Cairan tersebut menjadi penuh residu kadang berbentuk nyaris seperti lumpur, mengkristal lalu membentuk batu di kantung empedu. 

Sebagai reaksi muncul nyeri perut atas, mual, diare, kembung, lalu mudah keletihan tanpa sebab jelas, bahkan sakit punggung. 

Saran yang umum muncul adalah operasi pengangkatan kantung empedu, karena keluarkan batu empedu amat rumit berdasar ukuran. 

Kantung empedu umumnya dipandang remeh, tidak masalah ‘dihilangkan’, karena ‘dianggap’ fungsinya hanya menampung cairan empedu. 

Padahal seperti biasa, Tuhan menciptaan sesuatu di tubuh manusia dengan kompleksitas dan fungsi yang jelas. Sama, di kasus ini. 

Semena-mena mengangkat kantung empedu, tentu saja melahirkan masalah jangka pendek dan jangka panjang yang jarang dibahas. 

Tubuh kehilangan fungsi cairan cerna penting sangat berguna bantu proses pencernaan semisal pemanfaatan asam lemak essensial. 

Tanpa kantung empedu, tubuh tak mampu proses lemak secara efisien, tentu keseluruhan akan pengaruhi efektifitas metabolisme. 

Diperlukan suplemen pelengkap (bile salt) untuk menutupinya dengan efisiensi serta resiko jangka panjang yang dipertanyakan. 

Penemuan terkini juga mengisyaratkan kantung empedu punya peran penting membantu kerja pancreas dalam mengeluarkan insulin. 

Itu sebab kantung empedu diangkat umumnya beri masalah pengaturan gula darah, pengontrolan emosi, konsentrasi dan jantung. 

Gejala umum yang digambarkan oleh mereka yang memiliki masalah pengaturan gula darah akibat kerja pankreas yang terganggu. 

Masalah lain, penderita masalah kantung empedu, biasanya tidak dituntun konkrit merubah pola hidup yang merusak fungsi empedu. 

Saran paling umum yang diberikan adalah “hindari makanan berlemak”, tanpa petunjuk detil apa yang dimaksud makanan berlemak? 

Padahal definisi lemak amat rumit, pernah mendengar orang yang mengatakan rasa takut konsumsi biji-bijian “kan ada lemaknya”. 

Menggambarkan masih kaburnya pemahaman umum tentang apa itu lemak? Tidak hanya dari fungsi dan akibat, tapi juga apa wujudnya? 

Salah satu advis terburuk adalah “bila muncul rasa mual itu karena tubuh belum terbiasa cerna makanan berlemak pasca diangkat”. 

“Biarkan saja, nanti terbiasa” salah satu bentuk advis ngawur yang amat menjebak dan merusak kualitas kesehatan jangka panjang. 

Terbiasa belum tentu tubuh telah kembali normal. Bisa jadi untuk adaptasi, tubuh kuras cadangan enzym, dan memperpendek usia. 

Bila dideteksi alami masalah kantung empedu, disarankan diangkat. Koreksi pola hidup (utama pola makan) menyeluruh, drastis! 

Pelaku #foodcombining #rawfood yang baik & benar semisal, temukan problem empedu hilang perlahan, kembali sehat berkualitas. 

Coba tanya saja sama mbak @ti2dj untuk masalah kantung empedu dan #foodcombining ini.

Informasi ini bukan berarti haramkan pengangkatan kantung empedu bermasalah secara sepihak, koreksi pola hidup adalah kuncinya. 

Bila bukan tergolong orang yang mampu introspeksi, disiplin berpola makan, angkat kantung empedu mungkin jalan keluar terbaik. 

Resikonya pola hidup harus berubah drastis, jauh lebih berat dibanding sebelum operasi, bila memang kesehatan jadi prioritas.

widhadyah: pernah ngalamin penumpukan sedimen di empedu, gegara suka sarapan dg sereal dan susu. Skrg kapok. #FC aja.

dreybotak: 5 th lalu kantung empedu gw diangkat dlm keadaan busuk..pola makan gw wkt itu parah bgt..junkfood ampir tiap hari..dulu tiap hari minum kopi…soda…susu..aer putih bisa diitung seminggu sekali…penyakit dtg tiap minggu..pasca operasi jg!

http://chirpstory.com/li/95284

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s