Kurma Di Indonesia

Dian Ekasari Putri @bundapoetri

http://storify.com/honeyniena/kurma-di-indonesia

Wiyarni Pambudi @drOei:

Ada yg perhatikan komposisi kurma yg dibeli? Kurma kemasan rata-rata sdh dibalur sirup glukosa & pengawet kalium sorbat😦

Erykar @erikarlebang:

Agak repot memang berbuka puasa dengan kurma. Karena jarak yang jauh umumnya yang dijual sudah diawetkan sebagai manisan. Efek samping konsumsi kurma manisan apa? Yang pasti kegunaan kurma buah segar maupun dikeringkan sudah pasti tidak ada lagi. Bila kurma segar masih kaya akan enzym, dan yang dikeringkan pun masih berpotensi memiliki. Asal bukan via proses pemanasan. Maka kurma diawetkan via pemanisan jelas sudah kehilangan enzym tersebut karena proses penyimpanan dan lamanya waktu konsumsi. Dan tingkat kemanisan sirup sebagai pengawet berpotensi melonjakkan gula darah, yang ujung-ujungnya merusak kesehatan tubuh.

Dian Ekasari Putri @bundapoetri:

@drOei iya dok,dari awal 2000-an, manisnya krn glukosa dan pasti dikasih pengawet agar yeast jauh2 dari kurma berglukose.

Wiyarni Pambudi@drOei:

@bundapoetri hehe klo sudah terlanjur cinta mati sm kurma, mungkin gak perhatiin lagi… banyak yg lupa klo itu = manisan🙂

Dian Ekasari Putri @bundapoetri:

@drOei pdhl costnya jadi lbh mahal ya, kan glukose lumayan harganya, blm kalium sorbatnya, ketipu 2x donk ya dok, bayar mahal jugak😀

Erykar@erikarlebang:

@bundapoetri @droei ayok Poet buat kultwit tentang kurma.

Jadwal ngetweet datang untuk memenuhi permintaan kultwit ttg kurma, makanan khas di bulan Ramadhan sebagai takjil.

Kurma yang beredar di Indonesia hasil impor dari Arab Saudi karena blm bisa dibudidayakan secara masal di sini.

Kebanyakan yg dijual disini sudah dalam bentuk manisan atau buah kering hasil pengawetan, bukan dalam bentuk buah segarnya.

Rasa manis dari buah kurma berasal dari karbohidrat sederhana yg terkandung didalamnya yaitu glukosa dan fruktosa.

Kandungan gula sederhana itu memiliki porsi hampir 50% dari kandungan total buah kurma segar, jadi rasanya memang manis alami.

Kandungan buah kurma segar lainnya antara lain vit A, riboflavin, niasin, mineral seperti kalium magnesium dan juga kaya akan serat.

Jadi, kurma dalam bentuk buah segarnya sangat cocok bila difungsikan seperti buah segar lainnya seperti mangga, anggur.

Tetapi yg beredar di kalangan luas adl bentuk kurma yg sudah dikeringkan, kadar gula sederhananya menjadi meningkat krn proses pengeringan.

Kadar gulanya bisa mencapai 60-70% dari kandungan total kurma kering.

Makanan dgn kadar gula yg tinggi memang awet krn gula merupakan pengawet alami,terhindar dari bakteri pembusuk makanan.

Tapi bukan berarti kurma kering tidak bisa rusak krn musuh alami makanan yg berkadar gula tinggi adalah kapang dan khamir.

Hanya kapang dan khamir yg bisa hidup di suasana kadar gula tinggi, sedikit air, karenanya kurma kering hrs diberi pengawet agar bisa diekspor dan sampai di negara tujuan dgn kerusakan yg minimal dan masih bisa dikonsumsi.

Keawetan makanan berkadar gula tinggi tanpa pengawet hanya bisa bertahan kurang lebih 3-4hari, lebih dari itu bisa terfermentasi.

Umumnya pengawet yg digunakan utk menghambat kapang khamir adalah garam sorbat krn keefektifannya dlm menghmbat pertumbuhan kapang khamir

Dan juga sifatnya yg terdistorsi dlm air, non korosif shg tidak menimbulkan iritasi di makanan dan di konsumen.

Dan skrg, banyak beredar kurma kering kualitas jelek yg diberi tambahan sirup glukosa agar rasanya bs menyamai rasa manis kurma Nabi.

Sirup glukosa dipilih krn glukosa merupakan kandungan alami kurma segar dan juga sifat kristalnya yg lembut tdk sebesar kristal sukrosa.

Selain itu juga krn sdh banyak produksi sirup glukosa dari jagung dan dari umbi2 lainny sehingga harga jual sirup glukosa lbh murah dari fruktosa.

Penyerapan glukosa dari kurma kering menurut penelitian adalah sekitar 40-60menit stlh dikonsumsi, jd memang bagus utk penambah energi bekal puasa.

Atau juga sbg penambah kadar gula dlm darah stlh seharian berpuasa krn bentuk gulanya yg sederhana.

Tetapi yg perlu diingat konsumsi kurma kering atau manisan kurma tdk boleh terlalu banyak, Nabi SAW saja hanya mengkonsumsi 3buah kurma segar.

Karena apabila berlebihan, bukan manfaatnya yg akan didapat tp akan mendatangkan banyak masalah dgn peningkatan gula darah.

Saya yakin, bahwa saat berbuka puasa, gula yg dikonsumsi sdh sangat berlebihan, dari kolak, teh manis, nasi, gula dlm sayuran, dll.

Karenanya apabila sdh konsumsi makanan manis, jangan banyak2 konsumsi kurma kering atau manisan kurma😉

Demikian kultwitnya ttg kurma, selanjutnya menunggu twit @drOei ttg praktik tahnik menggunakan kurma pada bayi baru lahir *aku menunggu bu dok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s