Sesudah Idul Fitri

Erykar@erikarlebang

Yang kemarin khilaf, sudah maafkan saja. Hari ini kencengin lagi#foodcombining-nya, itu sesuai siklus sosial, makanya saya awet lakukan

Belasan tahun lalu, saya rutin hitung kalori, apa lacur tubuh cuma ideal di tampilan luar, sisi kesehatan-sosial buruk, foodcombining nggak.

Makan bisa kenyang, selama cermat tertib makan. Socially tetap bagian integral komunitas. Fisiologis-psikologis sejahtera.

Percaya deh, kelaparan secara fisiologis maupun psikologis, gak akan bertahan lama, dari sisi kejiwaan maupun kesehatan.

Mengenyangkan diri bercara instan, seperti minum susu, diet tinggi protein, tidak bisa menjadi jalan keluar juga, gak alami.

Tubuh manusia tidak didisain Tuhan untuk mengenyangkan diri via protein hewani, walau rendah kalori, bukan karakter karnivora.

Cek jumlah dan jenis gigi, panjang usus, cara berkeringat, siklus hidup semisal. Untuk sehat harus hidup sesuai kodrat alami.

Gangguan kesehatan pasti mengancam jangka pendek atau panjang, bagi mereka yang mengenyangkan dirinya dengan abnormal.

Kita perlu mensiasati kondisi lapar-kenyang secara cerdas. Keduanya perlu ada untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan hidup.

Sudah dibahas, saat lapar autofagi berlangsung efektif sehatkan tubuh. Saat kenyang, metabolisme maksimal. Tapi harus benar.

Melaparkan dan mengenyangkan diri secara abnormal, apalagi kalau tujuannya cuma tampilan tubuh, justru jauh dari hakikat.

Kenyangkan diri di hari Idul Fitri memang abnormal secara fisiologis, tapi normal secara psikologis, sesekali diperbolehkan.

Kita bisa memberi kompensasi, jus sayur untuk menutup hari, minum air putih berkualitas, balik kenceng foodcombininig keesokan harinya

Intinya pola makan sehat benar adalah pola yang sesuai kemanusiaan, tidak menyiksa, menjauhkan dari sejahtera mental & fisik.

http://storify.com/honeyniena/sesudah-idul-fitri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s