Back Pain

Erykar @erikarlebang

http://storify.com/honeyniena/back-pain

Okay, lanjutin tentang kaitan kaki, dan back pain, kalau kemarin kita bahas pemakaian high heels, sekarang cara berdiri ya.

Sebenarnya ini salah satu major cause dari backpain yang membuat keluhan ini memfrustasikan banyak orang. Sayangnya jarang benar dipahami.

Yang dikeluhkan banyak orang, setidaknya yang ke saya, backpainnya gak beres, biar sudah ke berbagai dokter, fisioterapis, chiropractor dll.

Ya gimana mau beres? Pasca terapi, kembali ke kehidupan nyata, berdirinya balik ngawur lagi! Back painnya gak bakal kelar-kelar, makin parah.

Ini salah satu bentuk cara berdiri yang umum tapi menimbulkan banyak masalah, terutama dari areal panggul ke atas. Perhatikan arah masing-masing telapak kaki, yang berbeda satu sama lain. Ini mengindikasikan banyak hal negative. Ketidakmampuan kaki menopang tubuh secara benar. tekanan berlebihan di areal panggul, beban sepanjang tulang punggung  pic.twitter.com/aokIiwUXCt

Image

Contoh lain konsep pemakaian kaki yang buruk namun umumnya juga luput dikoreksi. Umumnya bila ditanya, pemilik kaki seperti ini sudah merasa berdiri lurus dengan kaki sejajar. Padahal tidak. Terlihat jelas bahwa beban tubuh lebih banyak bertumpu pada satu kaki. Entah kiri ataupun kanan? Bergantung kebiasaan. pic.twitter.com/P66iOhEJQN

Image

Semua contoh tadi adalah bentuk ketidak pedulian tentang cara berdiri yang benar. Nah, back pain adalah salah satu hasil yang paling popular.

Kita lebih familiar dengan konsep membahas masalah back pain secara detil, tapi hampir pukul rata, semua terapi alpa mengkoreksi kondisi ini.

Ini adalah salah satu alat saya untuk ‘membangunkan’ pemilik kaki buruk tadi dari kebiasaannya . Sebuah balok sederhana, pertama dikenalkan oleh tradisi #Iyengar #Yoga. Gak harus persis begini, batu bata pun bisa. pic.twitter.com/xqUwEVEoyG

Image

Aplikasi sederhana pertama. Telapak kaki menjepit blok, untuk memberikan sensasi proprioception (sadar anggota tubuh) pic.twitter.com/PBavLJI8pF

Image

Sadar akan sisi kiri-kanan kaki harus bertempat pada sumbu yang semestinya. Memberikan distribusi berat seimbang. Juga sumbu yang seimbang antara jarak panjang telapak kaki kiri-kanan. Disini keberadaan balok sangat membantu. pic.twitter.com/JDH7elqhQH

Image

Perhatikan perbedaan pembagian berat tubuh yang terbagi seimbang antar kaki dengan yang tidak pic.twitter.com/9yAvi932vG

Image

Sebuah langkah sederhana tapi umumnya luput dari bentuk penanganan back pain secara menyeluruh. Sangat dasar, murah dan mudah tapi efektif.

Eh, gak mudah sih. Pemula yang punya kebiasan berdiri buruk menahun, pasti merasakan pegal dan sakit luarbiasa saat berusaha pertama kali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s