Tidak Dianjurkan Konsumsi Rutin Susu Kedelai Terutama Saat Hamil

@infoHamil:

http://chirpstory.com/li/161409

Jawaban dari : Kenapa tidak dianjurkan konsumsi rutin susu kedelai terutama saat hamil (terutama produk turunan Soy/kedelai), yaituuuu…

Karena sekarang ini, produk Soy/Kedelai adalah produk GMO atau Genetically Modified Organism.. bukan produk alami.

Bahkan dari beberapa followers banyak yang claim juga bahwa produk tempe/tahu dan kedelai Indonesia sekarang banyak yg impor ya.

Memang yg tidak disarankan adalah kedelai impor yang biasanya sudah GMO. Tapi dengan catatan : Konsumsi berlebihan.

Artinya kalau seminggu sekali atau sebulan sekali minum susu kedelai, ya gapapa juga kali🙂 Apalagi bikin sendiri.

Masalah konsumsi susu kedelai ini pun masih kontroversial sekali. Karena disamping GMO, manfaat-nya pun banyak dan sehat.

Tapi yang jelas bukan buat kulit bayi jadi putih yaaaa.. itu mah mitosssss.

Beberapa penelitian dan clinical trial mengenai produk GMO ataupun soy, melibatkan tikus atau hamster (belum ke manusia).

GMO itu jadi ceritanya makanan yang berasal dari tumbuhan, tapi sudah ada yang dirubah struktur DNA-nya.

Dimana sebenarnya GMO berniat agar si tanemannya bisa lebih subur, tahan wabah, bernutrisi, gede, dsb dsb…

Jadi pada dasarnya bukan kedelai doang yang GMO.. tapi umumnya yang dikonsumsi rutin adalah kedelai (dalam bentuk susu).

Akhirnya tubuh manusia bereaksi terhadap “makanan buatan” ini, salah satunya adalah reaksi alergi (yang terbanyak).

Namun ternyata studi2 lain mulai dilakukan untuk melihat efek samping jangka panjang terhadap reaksi GMO.

Ada penelitian juga yang melibatkan sistem hormonal dari GMO soy dimana berpengaruh pada testis janin laki2.

Tapi jangan panik dulu, penelitian ini belum terbukti pada manusia… baru dilakukan pada tikus dan hamster.

Tapi bukan berarti cuek bebek minum susu soya tiap hari segentong, karena semua penelitian pasti berawal dari hewan khan.. baru human trial.

Lebih baik ambil jalan yang paling aman aja.. apalagi pas hamil..silahkan konsumsi, tapi jangan berlebihan dan usahakan bukan produk impor.

Ditambah pula, kedelai (GMO ataupun tidak) mengandung phytoestrogen.. senyawa yang kinerjanya menyerupai hormon estrogen.

Dan kita tahu kalau hormon estrogen adalah hormon pembentuk perempuan.. Jadi konsumsi secara wajar saja selama hamil.

Karena apapun yang dikonsumsi oleh ibu, akan ikut mengalir dan terbawa ke janin melalui plasenta dan tali pusat.

Walau demikian, percayalah pada plasenta yang selalu menetralisir zat2 berbahaya untuk janin (kalau kadarnya tdk berlebih).

Kalau ada yg tanya, mending mana kandungan protein susu kedelai atau susu sapi, tetap lebih baik susu sapi… etapi mending ASIIIIII dong ah.

Tapi banyak anak bayi yang alergi terhadap susu sapi, sehingga susu formula kedelai akan jadi alternative.

Ini sebabnya walau bagaimanapun, usahakan ASI semaksimal mungkin ya.. kalau ada masalah saat menyusui, coba cari konselor laktasi.

Berikut link dan penelitian seputar kedelai, GMO ataupun tidak.. termasuk jurnal medis dan website yang terpercaya:

  1. Pros and Cons of Phytoestrogens : http://t.co/P0jlQbgxQf
  2. Clinical Study Phytoestrogens in Human Pregnancy : http://t.co/Wb7VPtZGTJ
  3. Most Offspring Died When Mother Rats Ate Genetically Engineered Soy: http://t.co/faH2oGHyU4
  4. 104-week feeding study of genetically modified soybeans in F344 rats] http://t.co/KkpHLLjd2w
  5. Genetically modified soybeans and food allergies: http://t.co/hvNhOkp42o
  6. Effects of genistein or soy milk during late gestation: http://t.co/4rGNEl9QOv

Dan berikut artikel2 maupun tulisan dari mayo clinic, web MD, NHS dan Baby Center seputar kedelai:

  1. Can I eat soya products during pregnancy? http://t.co/nJOBJxVm0J
  2. Soy (Glycine max) http://t.co/WJEGkZBEbC
  3. SOY http://t.co/gkfhZij9US
  4. Genetically modified foods: http://t.co/emPASV8DhB

Sama seperti POGI yang tidak merekomendasikan waterbirth… tetap TIDAK DILARANG. Susu soya juga bukan dilarang, tapi tidak direkomendasikan.

Silahkan mengkonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya.. seperti kafein juga selama hamil, sewajarnya aja.. artinya bukan tiap hari🙂

Ok demikian sekilas info.. semua pilihan terserah pada ibu sendiri ya.. mimin hanya sharing aja dan silahkan pilih yang terbaik🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s