Gak Ngerokok, Gak Minum Alkohol, Sudah Hidup Sehat?

Erykar @erikarlebang

http://storify.com/honeyniena/gak-ngerokok-gak-minum-alkohol-sudah-hidup-sehat

Ada yang mengira gak ngerokok, gak minum beralkohol dll itu identik dengan hidup sehat, lalu kena penyakit degeneratif-kanker, ngaku takdir?

Yang sayang terlupa, pemicu masalah kesehatan, itu bukan cuma yang benar-benar ‘hitam’, yang abu-abu juga ada, dan banyak sekali!

Kebiasaan minum teh, kopi, konsumsi protein hewani, buah dimakan sesudah makan, sayuran dimasak, dll itu masuk di pola buruk ‘abu-abu’.

Secara genetika, ada satu manusia yang terekspose sesuatu bereaksi cepat, ada yang tidak. Tapi sih ujung-ujungnya bereaksi. Tuhan adil kok.

Kenapa satu orang bisa kena masalah kesehatan, yang lain nggak? Sebenarnya cuma masalah waktu, ada yang cepat, ada yang lambat, pasti kena.

Nah kalau sudah tahu secara genetika lemah di satu sisi, semisal via riwayat kesehatan keluarga, ya jangan bodoh, lakukan kesalahan sama.

Jangan meniru isi meja makan orang tua, semisal. Pelajari hidup sehat yang benar itu seperti apa? Dikasih Tuhan otak, ya dipakai baik-baik.

Pola hidup sehat, labelnya memang macam-macam. Tapi pola hidup sehat yang sejati benar, punya benang merah kurang lebih sama. Pakai logika.

Nah, kalau bisa mulai dari sekarang berhenti salah-salahin Tuhan. Kita dikasih napas, dikasih akal, ya disyukuri. Dijaga semua benar-benar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s