Horor Gula Pasir

Zaidul Akbar 

http://chirpstory.com/li/165506

Salah satu bahaya besar yang tak disadari adalah gula pasir, mari kita belajar pagi ini.

Gula pasir sebenarnya berasal dari gula tebu yang kemudian diproses.

Perasannya di disebut gula hitam atau brown sugar, kemudian diproses dengan dipisahkan menjadi kristal dan cairan gula. Lalu dimurnikan lagi untuk meningkatkan kemurnian kristalnya yang disebut gula yang dimurnikan. 

Lalu apa masalahnya? Jika kita perhatikan, sbnrnya komposisi asli dari gula tebu mengandung bukan glukosa saja. Jadi sebenarnya gula pasir sendiri bukan merupakan produk yang layak dikonsumsi oleh tubuh manusia. 

Dipisahkan nutrisi berupa mineral dll pada gula pasir tersebut membuat tubuh begitu berat untuk mencernanya. Akhirnya tubuh terpaksa mengeluarkan cadangan2 mineral lain dari bagian tubuh untuk mencerna. 

Karena walau bagaimanapun mineral sedikit diperlukan oleh tubuh, namun tanpa itu tubuh harus kerja keras ngolah makanan. 

Yang seremnya adl kondisi pemurnian gula tersebut menghabiskan nutrisi2 penting, mineral2 penting dan komponen lainnya. 

Akhirnya, tubuh kelabakan, karena makanan yang masuk tersebut (gula maksudnya) tidak membawa mineral yang membantu metabolisme. 

Gula pasir Kristal yang telah dimurnikan kondisinya telah berubah menjadi asam. 

Padahal jika ditilik dari awal, gula tebu atau brown sugar, masih lumayan, karena masih alkali lemah.

Karena kehilangan mikronutrien, berupa vitamin, mineral, dll, maka gula tersebut berubah menjadi asam. 

Karena bagian dlm tubuh manusia bersifat basa, maka kemasukan asam, tubuh mencoba seimbangkan pola asam basa tersebut. 

Karena tak seimbang maka tubuh menyeimbangkan, apakah cuma itu saja yang terjadi? 

Jelas tidak, karena mineral adl salah satu faktor pembentuk mood atau sikap. 

Mengubah mood adalah salah satu hasil kerja dari mineral, hilang mineral ya mood berubah. 

Mari kita bahas lbh detail lagi, karena gula pasir tidak lagi mengandung kalsium, akhirnya tubuh mengimbangi dengan melarutkan kalsium. Kalsium yang diambil tersebut berasal dari tulang dan gigi, 

Karena tulang dan gigi di “sedot”kalsiumnya, yang terjadi adl pengeroposan gigi tulang karena sel tulang muda berkurang pembentukannya. 

Pernah liat anak kecil yang susah diatur? Coba tanya atau cek, kemungkinan dietnya tinggi gula pasir.

Rasio kalsium dan fosfor dlm tubuh manusia adl 1:1, namun jika kalsium dipakai untuk menetralisir lingkungan, maka keseimbangan tubuh akan rusak, kalsium 2% dari berat tubuh, dan 99% ada pd tulang gigi. 

Sisanya 1% ada pd darah, nah jika yang di darah ini berkurang ini lah masalah awalnya. 

Karena kalsium kurang, maka otomatis mood dan behaviour terganggu. 

Bahkan sampai pd keseimbangan moril pun bisa terganggu jika kalsium bermasalah. 

Ditambah lagi makanan2 lain yang dimakan gak ada nyawanya, maka tubuh pun semakin asam. 

Itu sebab, jika ketemu anak2 yang susah diatur, dan giginya pd bolong2, coba cek dietnya, jangan2 tinggi gula pasir. 

Jadi gula pasir bisa sampai mengubah mood? Bisa banget, apalagi dibarengi dengan makanan lainnya yang bisaf asam. 

Blm cukup horornya? Indeks glikemiks pd gula pasir sangat tinggi. Indeks yang mengukur kemampuan bahan meningkatkan gula darah. 

Gula pasir termasuk memiliki IG yang sangat tinggi, sehingga kadar gula bisa naik 100% dari kadar semula. 

Anak2 blm memilki kemampuan homestasis, sehingga kadar gula darah naik, cepet juga turun. 

Jika gula darah turun, maka yang terjadi adrenalin dihasilkan untuk meningkatkan gula darah. 

Fenomena ini, yang sering terjadi saat habis ngonsumsi gula, badan jadi lemes. 

Karena kekurangan darah tadi, maka otomatis tubuh ngeluarin adarienalin untuk meningkatkannya. 

Jika adarienalin tinggi, maka emosi tubuh juga meningkat, termasuk gugup atau bisa jadi sangat gembira. 

Jika keluar terlalu banyak adrenalin menyebabkan “ingin mengamuk” 

Diet gula tinggi seperti ini, menyebabkan kurang daya konsentrasi, kempuan fikir menurun, dan mudah marah. 

Menguraikan gula dlm tubuh perlu vitamin B1, jika B1 pun turun, maka otomatis keluhan2 seperti depresi, pusing, mudah lelah. 

Ya keluhan2 akibat kurangnya vit B1 ini disebabkan karena tubuh terkuras untuk mengolah gula tadi. Itupun jika B1 tercukupi. 

Saya kan gak makan gula, iya…minuman2 kemasan? Soda? Brownis? Kue2? Jus? Semuanya mengandung gula. 

Lalu solusinya apa? Kurangi atau hindari atau stop gula pasir. 

Ganti gula atau pemanis dengan pemanis ALAMI (sengaja saya capitalkan). Kenapa dikapitalkan? Karena gak makan gula pasir malah makan pemanis buatan (kimia sintetik tentunya) 

Yang namanya aspartam dan beberapa jenis pemanis sintetik lainnya, lha sama aja kalau gini. 

Bahkan lebih buruk, mau diminum kayak apa juga, aspartam bukan pengganti gula.

Apa gula pasir gak naekin gula darah? Iya banget, namun kalau masih dalam bentuk asli, indeks glikemiknya masih rendah. 

Sehingga aman2 saja, bahkan untuk penderita kencing manis sekalipun, makan gula aren, gak ada masalah. 

Ya aspartam atau asesulfam yang sama buruknya dengan gula pasir td.  Karena ujung2nya juga bikin asam, ya memang gula darah gak naik, tp keseimbangan tubuh yang lain terganggu. 

Solusinya apa? Carilah gula yang masih mengandung mineral dan vitamin asli. Mulai dari Madu, Gula tebu, Gula kelapa, Gula Aren, Stevia, Gula singkong..ini beberapa pilihannya. Diluar ini saya pribadi gak sarankan. 

Apakah gak boleh makan produk bergula pasir? Boleh saja, tapi jangan dikonsumsi tiap hari, penghilang selera boleh2 saja. 

Jadi mikir2 ya kalau makan produk bergula pasir tinggi, kasihani tubuh. 

Ya termasuk nguras enzim dlm perut, karena keseimbangan perut khususnya enzim jg bermasalah dengan tinggi konsumsi gula tersebut. 

Ga sadar kan, kita fikir sehat minum jus, lha kalu jusnya udah dikasi gula pasir, susu kental manis, malah justru ngundang penyakit. 

Ya kalauaimnya bener si, bhw jus ini itu bisa untuk ini itu, tapi ketika dicampurin sama bahan2 bergula tinggi? Ya kita yang tekor. 

Kalau bikin jus, cari satu buah yang cukup manis, satunya tinggi air, jadi bisa jadi 3 buah, udah ada airnya, manisnya. 

Ya benar, aspartam bahkan permenpun ada skrg..

Gak ada pilihan mau konsumsi yang sehat..ya mentok2 air kelapa kalau mau minum, ya minum yang asli air kelapa yaa..jgn yang lain. 

Pokoknya gini, jika produk makanan sdh ada bahan kimia sintetik apapun, sebenarnya sudah tak baik bagi tubuh. 

Lha kebayang kalau makan obat kimia sintetik trus? Kapan mau “bersih” badannya? Boleh aja, kalau darurat. 

Ya madu jg harus jelas, yang jelas belilah madu yang Sanadnya Jelas, perawinya jelas, matannya jelas. :) 

Ya bener sih bisa ngilangin ngantuk, tapi minuman2 tonik atau energy drink, sangat berat dicerna tubuh. 

Wah..kalau softdrink mah dari dulu juga udah ribuan org membahas,.dlm sebotol nya bisa sampe ada 20sendok gula pasir. 

Bikin es teh? Tawar aja baik kok.. Atau pake gula aren dikit. 

Gula batu juga termasuk gula tebu..cuma ati2 juga, gula batu yang putih banget juga gak baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s