Pilih Memanjakan Lidah Atau Sistem Pencernaan?

http://chirpstory.com/li/180174

@aphie3: Org jaman sekarang lebih manjain lidah ketimbang usus & lambung | kalo ude kena masalah sm pencernaan baru dah diperhatiin cc @erikarlebang

@erikarlebang: Sudah dari dulu, cuma kini lebih mudah aksesnya.

Bener loh, jaman sekarang itu makanan sampah itu jauh lebih mudah ditemukan ketimbang makanan berguna untuk tubuh. Masalah lain masih ada.

Kata ‘sampah’ disini, tidak serta merta makanan yang berwujud menjijikkan hingga mudah dihindari. Tapi justru makanan yang enak-enak.

Nih misalnya http://t.co/E5OT6Cnv8o siapa yang mengira makanan secantik ini, dalam tubuh cuma menjadi sampah tidak berguna, merusak malah.

 Image

Seindah-indahnya makanan, dia ‘indah’ cuma sebatas lidah, pun ujung depan dan tengah. Sesudah itu? Makanan sampah gak ada arti buat tubuh.

Makanan punya kegunaan banyak sekali untuk hidup. Yang paling utama adalah penyokong bergeraknya siklus hidup sebuah tubuh. Bermacam wujud. Membangun sel, menghidupi kebutuhan organ tubuh, perbaiki yang rusak dan lain sebagainya. Makin bagus bahan makanan, makin bagus siklusnya.

Makanan sampah masuk, tentu tidak berguna, tapi kalau gak ada bahan yang lain? Terpaksa yang tidak berguna itu yang dipergunakan oleh tubuh.

Sedihnya lagi, banyak sekali makanan sampah yang tersaru sebagai makanan sehat. Ini semisal http://t.co/O2dv9QW0GP bahayanya tersembunyi.

Image

Makanan ‘sampah’ tersaru ‘sehat’ itu, bila sering masuk tubuh rutin, akan menciptakan masalah di hari kemudian, yang sulit disembuhkan.

Pun berangsur menyusutkan daya tahan tubuh. Akhirnya buat kita mudah terserang penyakit di masa ini. Saat penyakit sebenarnya belum dating.

Minuman juga demikian. Dari yang mulai jelas ‘ngawur’ seperti ini http://t.co/IEeAEJQ02M

Image

Sampai yang dikira sehat, walau saat masuk tubuh, secara akumulasi malah jadi biang ragam masalah kesehatan serius http://t.co/vKldprne4g

Image

Atau minuman pabrikan yang diembel-embeli sehat, walau itu cuma sehat ‘versi’ pabrik, bukan kebutuhan tubuh http://t.co/yGM4SkgbhO

Image

Makanan sehat manusia itu sejatinya dibuat sangat sederhana oleh Tuhan http://t.co/2L8NCSE2kN

Image

Pun Tuhan buat minumannya juga sangat sederhana, kalau mau sehat http://t.co/qEzYmpL4KO

Image

Kalau itu sudah dilakukan, ya baru makanan sekunder seperti ini bisa melengkapi dengan baik, tapi perhatikan wujudnya http://t.co/6xflhNU1VP

Image

Jangan yang sudah diproses menjadi tidak berguna bagi tubuh seperti ini http://t.co/crDtD4Rfpy

Image

Baru setelah itu, konsumsilah sesekali protein seperti ini dalam jumlah terbatas, ingat harus juga dari sumber baik http://t.co/auEUN3oCWY

Image

Sederhana dan mudah sekali kan sebenarnya sehat itu? Dekati Tuhan dengan mengkonsumsi ciptaannya dalam bentuk semirip mungkin aslinya.

Jadi inget, dulu pernah diajak bikin seminar bareng sama ahli gizi lulusan Ostrali, dia minta dibikinin ‘tema’, “kan kamu banyak massa”.

Ya sudah saya buatin. Pas dikasih ke dia via email. Dia malah ngajak meeting! “Kamu bisa ajarin gak isi materi yang dikasih itu, menarik!”.

“Seumur-umur saya belajar ilmu kesehatan dan ilmu gizi, gak pernah loh menyentuh areal yang kamu sampaikan itu” katanya antusias.

“Lah jadi belajar, materinya apa aja, mbak?” Jawabannya buat miris, “Ya itung-itung kalori, ujung-ujungnya sih buat bikin orang langsing”.

Padahal materi yang saya buatin, cuma “Bagaimana Mengatasi Masalah Stress Lewat Makanan” Saya dapet logikanya hanya via baca 2-3 buku.

Dan konsep itu sudah banyak menyelamatkan banyak orang, saat saya sampaikan lewat berbagai media. Kasian amat ya? Sekolah capek-capek. Tapi ilmunya gak aplikatif untuk kehidupan sehari-hari. Masih sukur dia berpikiran terbuka. Mau belajar hal yang gak dipahami, mau ngaku lah.

Banyak yang merasa sudah sekolah, punya ilmu. Lantas merasa pengetahuannya sudah final. Gak perlu membuka pada fenomena lain.

Diluar dikit, dianggapnya: salah, belum terbukti, gak ilmiah. Padahal kalau ditelusuri, yang dia tau juga masih muter disitu-situ aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s