Food Combining by Rahmat Hidayat

Rahmat Hidayat, @a_rahmathidayat

http://chirpstory.com/id/honeyniena

Badan lagi ga cihuy nih, batuk, buat nelen sakit, pup ga okeh…makan juga lagi ga bener soalnya, keluar kota mulu #alasan #FoodCombining

sebelum kenal #FC gue sama sekali ga kepikiran kalo apa yg gue makan ternyata ngaruh ke kondisi tubuh..kalo sakit pasti langsung obat.

maklum, bokap orang dinas kesehatan, sore bantuin dokter di puskesmas deket rumah..jd buat gue, sakit itu yah obat..hafal deh obat2an.

Zaman SMP sih udah akrablah sama parasetamol, antalgin…demam atau pusing tinggal ambil di rak obat..tp keterusan sampe gede.

Zaman SMA dan Kuliah, antalgin yg biasa gue pake buat pusing udah ga mempan..kudu pake neuralgin (parasetamol,ibuprofen,kafein).

Bisa ditebak..gue ketergantungan banget sama neuralgin ini, WAJIB ada di tas gue..sama sekali ga paham kalo bisa dicegah dgn pola makan.

Akhir masa kuliah gue juga suka batuk, anehnya batuknya bisa lebih dari 3 bulan..dan tiap tahun gue pasti dapet nih batuk..

Semua obat batuk udah gue cobain..you name it lah, sampe semua temen2 gue paham kalo lg siaran terus batuk dikit itu pasti gue.

Pola makannya? Sama kaya kebanyakan orang indonesia lah..minim sayur apalagi buah, fokus gue cuma murah, enak dimulut dan kenyang.

Belakangan, gue sering denger ada orang dgn usia muda udah kena jantung, diabetes, stroke dan lainnya..memicu gue untuk hidup sehat.

Eh kena kibulannya @erikarlebang soal FoodCombining, gue coba cari tahu lebih banyak soal ini..beli bukunya bu andang deh..

Akhirnya niat ngejalanin FoodCombining, memaksakan diri buat belajar sayur mentah, karena sayur matang sih udah biasa..

Siang hari selalu bawa bekel ke kantor, selada, timun dan wortel..efeknya keliatan banget, sakit kepala, migrain dan batuknya hilang.

Makan gue atur banget sesuai juklak #FC, tp awal nyobain sayur mentah emang juara banget..tiap mau makan pasti mual..

Rasa mual gue atasin dengan nambah lauk yang serba pedas..it helps, sekarang jadi ga bergantung sama obat.

Tp belakangan lagi bandel sih..hahaha, makan sembarangan..beli sayur mentahnya juga males, makan ga sesuai juklak..

Hasilnya bisa ditebak..gejala penyakit datang..gue percaya banget dah sekarang..kalo mau sehat ya makan sehat aja…

Tuh kan –> RT @Metro_TV: Pasien Sakit Jantung Usia Muda Meningkat http://t.co/ikaraR5bMH

Leave a Reply

