Banyak Konsep Sehat Yang Ngawur

Erikar Lebang, @erikarlebang 12/Mar/2014

http://chirpstory.com/li/194176

Konsep sehat memang harus diluruskan di kepala sebagian orang. Makanan sampah merasa sudah bisa dikategorikan sehat cuma karena dikasih buah.

Padahal konsep buah sendiri sebagai ‘sehat’, bisa gugur bila beberapa kriteria tidak diperhatikan dengan baik. Dikonsumsi pasca makan misal.

Susu yang mulai ketahuan belangnya ‘bukan makanan super’, dimana lebih baik makan buah-sayur, ya sudah buah sayur aja dimasukan dalam susu!

Padahal sehatnya buah-sayur untuk tubuh manusia juga punya kriteria yang harus dipatuhi. Mutlak gak boleh melewati proses pemanasan semisal.

Nah mana ada konsep buah-sayur bisa dimasukan oleh pabrik ke dalam susu, tanpa melalui proses pemanasan? Untuk kepentingan higienitas.

Dulu pernah ada klaim penelitian yang menurut saya super blo’on, pizza bisa mencegah kanker! Bagi yang paham logikanya, ini ngawur banget.

Padat protein hewani, penuh substansi prosesan, dipanggang suhu tinggi, semuanya malah substansi yang membuat sel kanker nyaman di badan.

Gimana caranya pizza bisa mencegah kanker? Ternyata kata penelitian itu, sering ada penambahan oregano di pembuatan pizza. Du’ile!!!

Dipakenya gak lebih sejumput, bisa mencegah kanker? Sementara pemicunya bertumpukan lebih banyak disekitar! Penelitian aneh bin ajaib!

Jus manggis kemasan yang katanya bisa menurunkan kolesterol, kadar gula tubuh, sehat untuk penderita diabetes, pas dicicipi, lah kok manis?!

Itu apa gak malah meroket kadar gula tubuhnya? Kalau diminum rutin? Mungkin ekstrak kulit manggis memang berkhasiat, tapi rasanya gak enak.

Diberi pemanis apapun wujudnya, pasti ada efek samping bagi tubuh. Sehat? Nah itu kudu dipikir ulang masak-masak. Logis atau tidak?

Makanya kalau lihat klaim sehat sebuah produk komersil, cek dulu, beneran sehat gak? Gimana? Ya harus punya pengetahuan dasar, belajar!

Gak usah yang ribet-ribet. Basic aja! Apa keperluan tubuh? Gimana cara tubuh memproses? Sesuai gak? Udah itu dulu! Cukup kok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s