Jangan Tunggu Sakit Untuk Beralih Ke Pola Makan Sehat!

@wingki_gumala: Tetangga ada kemungkinan besar cuci darah, masih bisa ditolong ngga dgn #foodcombining?

Erikar Lebang, @erikarlebang:

Selama dia mau melakukan benar. Orang kalau sudah punya penyakit baru mau hidup sehat, lebih berat. Mau gak dia ubah kebiasaan buruknya? @wingki_gumala .

http://chirpstory.com/li/200645

Paling repot kalau berurusan dengan orang yang baru mau melakukan #foodcombining atau pola makan sehat lain, gara-gara dia kena penyakit.

Kenapa? Karena pola makan sehat sebenarnya dilakukan untuk menjaga supaya fungsi dan organ tubuh kita bekerja normal, sesuai sistemnya.

Kenapa sering kita menemukan kasus, orang dengan penyakit tertentu sembuh total atau setidak berangsur membaik karena #foodcombining?

Karena fungsi dan organ tubuh perlahan bekerja normal kembali sesuai sistem yang berlaku. Sehingga tubuh sehat mampu memperbaiki kondisi.

Tapi itu hanya bisa terjadi, bila dilakukan dengan benar. Pun kecepatan sembuhnya tidak terjadi dengan instan, biasanya bertahap, berjenjang.

Itu sebabnya agak malas menanggapi pertanyaan terkait sakit lalu berusaha disembuhkan dengan #foodcombining. Karena tujuannya bukan begitu.

Logika sakit lalu melakukan sesuatu untuk menyembuhkan, itu biasanya berbasis pikiran kuratif, mengobati. Sakit, minum obat, sembuh! Sudah!

Sudah? Ya kalau sudah selesai sakitnya kan gak perlu minum obat lagi. Anggap saja hidup kembali normal. Walau sejatinya gak begitu.

Minum obat untuk atasi penyakit, lebih sering upaya “mematikan alarm protes tubuh terhadap satu kerusakan alias menunda masalah lebih besar”.

Pola hidup sehat tidak begitu. Basisnya adalah perawatan dan penjagaan gaya hidup, dimana porsi utama adalah penataan pola makan.

Gak sakit, saat sakit, sudah tidak sakit, semua harus sama. Malah saat sakit pola makan harus lebih kencang terjaga, gak boleh cheating.

Normalkan fungsi tubuh, jaga sistemnya, penuhi kebutuhannya, hindari beban makanan yang mengganggu alokasi energi tubuh menjaga diri.

Nah, mental begini yang gak ada dengan orang yang sudah jatuh sakit duluan, baru mau berniat menyembuhkan diri dengan pola makan sehat.

Jelas-jelas mayoritas mereka jatuh sakit akibat gaya hidup (baca pola makan buruk) dalam berbagai bentuk. Nah, gimana cara jaganya? Berubah!

Berubah ini yang jadi masalah buat mereka! “Gak makan daging dengan nasi lagi?” “Harus kurangi protein hewani?” “Aduh gak bisa makan sayur”.

“Paling gak bisa kalo gak ngopi pagi hari” “Yang bener aja, mosok gak boleh nge-teh?” “Itu sih namanya gak menikmati hidup” reaksi standar.

Belum lagi reaksinya saat mendengar, pola hidup sehat adalah komitmen seumur hidup, “Jadi biar udah sembuh, makannya harus begini lagi?”

Nah, ini sebabnya saya selalu menertawakan lebih dahulu, orang yang berniat #Foodcombining cuma karena jatuh sakit, bukan dari ‘sadar diri’.

Tentu ada yang bisa berhasil, tapi lebih banyak yang gagal ketimbang berhasil. #Foodcombining cuma bisa berhasil kalau dilaku dengan benar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s