Jangan Bebani Sistem Cerna Dengan Protein Hewani Terus Menerus

By Erikar Lebang

http://chirpstory.com/li/224881

Gak banyak yang sadar bila makanan yang kita santap itu membutuhkan 15 hingga 48 jam untuk benar bisa melalui seluruh sistem cerna manusia.

Semakin berat makanan yang kita konsumsi, semakin sulit ia dicerna baik oleh tubuh. Semisal miskin enzim, serta serat dan unsur penting lain.

Karena sistem cerna manusia tergolong rumit, sangat panjang serta sangat banyak melibatkan elemen dalam prosesnya, juga alokasi energy.

Berbeda dengan kebanyakan hewan karnivora semisal, yang punya waktu tidur panjang, manusia normal hanya punya sekitar 6-8 jam.

Sisanya ia harus beraktivitas dimana alokasi energi tersebut tidak bisa melulu ditempatkan di sistem cerna. Itu sebabnya kita harus cermat.

Bisa jadi manusia tidak didisain Tuhan untuk banyak mengkonsumsi protein hewani karena hal sama, agar sistem cerna tidak dibebani berlebih.

Dari struktur gigi, ruang gerak rahang, panjang usus, elemen sistem cerna dan banyak lagi, mengindikasikan manusia harus berat ke herbivore.

Itu pun buah dan sayuran dalam bentuk segar, agar manfaatnya masih sepadan dan berguna maksimal dengan kebutuhan sistem cerna manusia.

Jadi mau sehat? Patuhi kodrat kita sebagai manusia. Paling tidak di sebagian besar porsinya, yang tersisa bolehlah untuk makan rekreasional.

Kalau makannya rekreasional, kemudian nantinya sakit, ya jangan salahkan siapa-siapa, atau panik mengupayakan kesembuhan instan.

Introspeksi dulu, benahi yang salah, sejatinya tubuh punya sistem perbaikan sendiri, bila kodratnya dipenuhi, apabila belum sangat terlambat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s